Anggota Kopdit Pintu Air Urunan Bangun Gedung Rp 15 Miliar

Perubahan besaran anggaran ini, kata Yakobus, karena perubahan konstruksi dan ukuran gedung. Ukuran semula 20 x 30 meter

Anggota Kopdit Pintu Air Urunan Bangun Gedung Rp 15 Miliar
ilustrasi

POS KUPANG.COM, MAUMERE -Wujud kebersamaan dan tanggung jawab anggota Koperasi Kredit (Kopdit) Pintu Air Rotat, Kecamatan Nita untuk memiliki tempat pelayanan yang nyaman, urunan membangun gedung baru tiga lantai. Bangunan seharga Rp 15 miliar bersumber dari iuran Rp 100.000/orang dari 160.110 anggota kopdit.

"Saya ralat informasi sebelumnya menyebut anggaran gedung baru Rp 10 miliar seharusnya Rp 15 miliar. Rencana konstruksi sebelumnya menggunakan rangka baja diubah dengan rangka beton," kata Ketua Pengurus Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano, dihubungi Pos Kupang, Selasa (14/3/3017).

Perubahan besaran anggaran ini, kata Yakobus, karena perubahan konstruksi dan ukuran gedung. Ukuran semula 20 x 30 meter menggunakan rangka baja. Tetapi usia pemakaiannya diperkirakan 20-30 tahun. Karena itu dirubah konstruksinya menggunakan beton dan ukuran berubah menjadi 30 x 41 meter.

Lanjut Yakobus, peruntukan lantai satu Kantor Cabang Utama Pintu Air, lantai dua pengurus pusat dan lantai tiga aula. Proyek dikerjakan swakelola hanya menyewa jasa konsultan pengawas.

"Kalau pakai jasa kontraktor harganya akan lebih mahal dan butuh anggaran lebih besar, karena akan memperhitungkan keuntungan kontraktor. Kami pernah bangun swalayan di Kota Maumere," kata Yakobus.

Menurut Yakobus, sumber pembiayaan dari iuran anggota atas saran Puskopdit Maumere supaya tidak menggunakan simpanan anggota karena akan mengganggu sirkulasi keuangan.

Sumbangan Rp 100.000/anggota diberikan dari kekurangan mereka. Semua anggota dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2016, sepakat memberikan iuran pembangunan kantor baru.

Peletakan batu pertama pembangunan kantor baru direncanakan Sabtu (18/3/2017) di kompleks kantor lama Kampung Rotat dilakukan Bupati Sikka, Drs.Yoseph Ansar Rera. (ius)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved