Silakan Diperiksa! Tidak Akan Menemukan Puntung Rokok di RSUD Umbu Rara Meha

Selain itu tidak tertib, kotor dan membuat keluarga pasien dan pengunjung sering tidak mampu menahan aroma kurang sedap.

Silakan Diperiksa! Tidak Akan Menemukan Puntung Rokok di RSUD Umbu Rara Meha
POS KUPANG/JOHN TAENA
Beginilah penampakan salah satu lorong di RSUD Paripurna, Umbu Rara Meha, Waingapu, Sumba Timur yang terlihat bersih dari tahun-tahun sebelumnya. Selasa (14/3/2017) 

Laporan wartawan Pos Kupang, John Taena

POS KUPANG.COM, WAINGAPU -- Kebanyakan rumah sakit pemerintah, identik dengan pelayanan buruk dan jelek.

Selain itu tidak tertib, kotor dan membuat keluarga pasien dan pengunjung sering tidak mampu menahan aroma kurang sedap.

Namun hal ini tidak berlaku lagi di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu yang sudah bersih dan tidak ditemukan lagi sampah seperti puntung rokok.

Kepada Pos Kupang.com, di ruang kerjanya, Selasa (14/3/2017), Ketua tim akreditasi RSUD Paripurna, Umbu Rara Meha, dr. Rudy Danamik, mengatakan mengubah sebuah kebiasan buruk itu sulit dan butuh waktu.

"Untuk merubah yang namanya kebiasaan itu memang susah sekali dan perlu dilakukan secara pelan-pelan. Perlu pengorbanan dari kawan-kawan," katanya.

Para staf dan karyawan di RSUD Paripurna tersebut, lanjutnya, diajak untuk merubah kebiasaan lamanya terlebih dahulu.

Selanjutnya mereka yang akan mengajak pengunujung dan pasien untuk ikut berubah. Salah satu contoh kecil adalah menjaga ketertiban dan keamanan serta kebersihan di kawasan rumah sakit itu.

Dikatakannya "Contoh kecil itu adalah harus berani mengur sesamanya untuk tidak boleh makan sirih pinang dan merokok di lingkungan rumah sakit. Tidak hanya pamflet-pamflet yang ditempelkan di lingkungan rumah sakit saja."

Setelah kebiasan-kebiasan buruk itu berhasil dirubah, lanjutanya, RSUD setempat siap untuk mengikuti akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Hasilanya adalah ketika tim survei datang untuk melakukan penilaian, tidak ditemukan satupun puntung rokok di seluruh kawasan rumah sakit itu.

"Jadi saat penilaian itu mereka (KARS,red) menegcek seluruh kawasan rumah sakit ini tidak ditemukan satupun puntung rokok oleh tim survei. Itu adalah salah satu contol kecilnya yang ada di bawah Pokja PPI (pencegahan dan pengendalian infeksi,red)," tandasnya.*

Penulis: John Taena
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved