SSB BALI UNITED KRISTAL KUPANG

Hadirkan Irfan Bachdim untuk Berikan Motivasi

Kami tak bisa apa-apa tanpa dukungan masyarakat. Antusiasme ini menunjukkan bahwa kita harus berbuat sesuatu bagi sepakbola NTT.

Hadirkan Irfan Bachdim untuk Berikan Motivasi
istimewa
Siswa SSB Bali United Kristal Kupang 

SAAT dipersilahkan oleh pelatih Willy Dambu untuk memperkenalkan diri, Aqsa yang masuk dalam kelompok pemain usia 8 tahun (U-8), tanpa ragu maju ke tengah lingkaran. "Nama saya Aqsa. Usia saya 15 tahun. Terima kasih."

Perkenalan diri Aqsa sontak mengundang gelak tawa para pelatih dan orangtua yang menyaksikannya. Aqsa yang baru berusia lima tahun, tetap kukuh pada pendiriannya kalau dirinya sudah berusia 15 tahun. Dia bahkan mengangkat lima jarinya tiga kali untuk meyakinkan para coach (pelatih).

Lain halnya dengan Mario Wawo. Saat Coach Michael Pep's meminta dia dan rekan- rekannya uji tanding, dia mengusulkan agar tim yang kebobolan pemainnya diberi sanksi. "Kalau bisa kasih push-up untuk tim yang kalah," kata Mario. Oleh Coach Pep's, usulan Mario tidak diakomodir karena mereka semua sedang berlatih. Belum saatnya pemain diberi sanksi.

Aksi anak-anak ini adalah sedikit cerita dari dua hari latihan bersama yang dilakukan Sekolah Sepakbola (SSB) Bali United Kristal Kupang tanggal 11-12 Maret 2017. Bermain dan berlatih di lapangan milik sendiri, anak-anak diberi kebebasan mengekspresikan apa yang mereka tahu tentang bermain bola. Mario, Aqsa, Darel, Aldo, Rafa, Gerald, Santos Manyella, Patrick Dimatteo, Revo, Dinho Mone dan lainnya tampak sangat ceria bermain bola.

Ekspresi anak-anak ini terus dipantau orangtuanya yang setia menanti di tepi lapangan. Meski belum dilengkapi tempat duduk, namun suasana lapangan hijau nan sejuk di Jl. WJ Lalamentik Kupang itu membuat mereka betah berlama-lama menanti anak latihan mengolah bola.

Beberapa orangtua anak yang ditemui mengaku senang anaknya bisa ikut SSB. "Sudah lama anak saya minta ikut SSB. Namun saya tidak tahu mau ke mana. Makanya saat ada informasi Bali United kerja sama dengan Kristal FC buka SSB, saya langsung daftar. Saya sangat mendukung anak saya bermain bola," kata Saleh, ayah Aqsa (5).

Pemilik SSB Bali United Kristal, David Fulbertus menyatakan launching SSB ini akan digelar pada 25 Maret 2017. Saat ini pihaknya sedang melakukan seleksi dan registrasi siswa. David berharap, saat launching semua kelas yang dibuka sudah terisi sesuai kuota. Ada enam kelas yang dibuka, yakni U-8, U-10, U-12, U-14, U-16 dan U-18.

SSB ini, kata David, didirikan atas kerja sama Kristal FC dan Bali United FC. Saat acara peluncuran nanti, katanya, empat bintang Bali United, Irfan Bachdim, Ahn Byung Keon, Yabes Roni Malaifani dan Kelvan Alfonsius akan hadir. Mereka akan didampingi Pelatih Bali United, Hans Peter Schaller. Pemilik Bali United, Piter Tanuri dan Manajer Bali United, Yabes Tanuri, kata David, juga akan hadir.

Tak hanya sampai di situ. Pelatih fenomenal asal Kupang, Ricky Nielson juga akan datang. Ricky yang suskses mengantar Pusamania Borneo menjadi runner-up Piala Presiden 2017, akan memberikan coaching clinic.

Gaung geliat sepakbola NTT saat ini memang sedang terdengar. Setelah delapan pemain ikut seleksi timnas, kini satu lagi dipanggil di Timnas U-16. Belum selesai. Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri dan asisten Jarot Supardi akan menggelar seleksi di wilayah Flores yang akan dipusatkan di Bajawa, 18 Maret 2017.

Hal inilah mungkin yang membuat antusiasme warga Kota Kupang untuk bergabung di SSB Bali United Kristal Kupang sangat tinggi. Lebih dari 100 anak sudah terdaftar sebagai siswa di SSB ini. Hal ini yang membuat David Fulbertus dan kruenya merasa tertantang untuk berbuat lebih bagi sepakbola NTT.

"Antusiasme ini menjadi tantangan bagi kami. Ke depan, kami mohon untuk didukung agar bisa menjadikan anak-anak ini menjadi pemain bola yang berkualitas. Kami tak bisa apa-apa tanpa dukungan masyarakat, terutama orangtua siswa. Potensi dan atusiasme ini menujukkan bahwa kita harus berbuat sesuatu bagi sepakbola NTT," kata David Fulbertus.

Apapun pilihannya, ketika anak-anak suka sepakbola, tidak salah kalau kita mau mendukungnya. NTT punya tradisi yang sangat kuat dengan sepakbola, meski untuk menembus level nasional masih megap-megap. Semoga harapan anak-anak untuk berprestasi di SSB Bali United Kristal Kupang bisa tercapai. (sipri seko)

Editor: Sipri Seko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved