PosKupang/
Home »

Video

VIDEO: Ratusan Ekor Sapi di Kupang Ikut Asuransi Ternak

Sebanyak 220 ekor dari enam klaster atau kelompok sapi siap untuk mengikuti asuransi ternak yang disosialisasikan Asuransi Jasindo Cabang Kupang.

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Sebanyak 220 ekor dari enam klaster atau kelompok sapi siap untuk mengikuti asuransi ternak yang disosialisasikan Asuransi Jasindo Cabang Kupang.

Para kelompok tani khususnya ternak sapi akan mengasuransikan sapi betina produktifnya dengan premi Rp 40.000 per tahun per ekor.

Ketua Kelompok Tani Noetnana, Daniel, kepada Pos Kupang, usai mengikuti Knowledge Sharing Klaster Sapi Binaan BI dan Sosialisasi Asuransi Sapi, di Kelompok Tani Noetnana Fatukoa, Senin (13/3/2017), mengatakan ia bersama anggotanya mengasuransikan 30 ekor sapi, tapi bisa lebih dari itu.

Angka sapi yang akan diasuransikan bisa naik lagi, tidak hanya 30 ekor.

Kata Daniel asuransi usaha ternak merupakan hal yang baru bagi peternak. Kelompok melihat dengan adanya kebijakan pemerintah pusat dan Jasindo untuk membantu para peternak dalam asuransi sangat luar biasa.

Ia berharap proyek ini tidak hanya satu tahun, tapi bisa berkelanjutan. Agar bisa memacu semangat para kelompok tani lebih bagus lagi.

"Baru saja disosialisasikan tapi anggota merasa ini sudah luar biasa bagi kita, sehingga jangan ragu-ragu pelihara sapi indukan," tuturnya.

Kelompok Tani Noetnana memiliki sapi 98 ekor yang terdiri dari jantan, betina dan anak sapi yang dikelola oleh 26 orang dalam kelompok.

Selama ini yang dialami peternak sapi yaitu kematian sapi disebabkan oleh karena sapi makan laba-laba, disengat kalajengking dan telinga sapi layu kemudian mati.
Dari Sosialisasi Sapi Jasindo telah disetujui diawal untuk mengasuransikan 220 ekor sapi dari Kelompok Tani Noetnana, Sehati, Sisilia, Tunas Mekar, Kayu Putih dan Naioni.

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help