Tangani Penyakit Mematikan, RSUD Umbu Rara Meha Masih Kekurangan Tenaga Dokter Sub Speasialis

Cancer termasuk salah satu jenis pemyakit yang mematikan di seluruh Pulau Sumba.

Tangani Penyakit Mematikan, RSUD Umbu Rara Meha Masih Kekurangan Tenaga Dokter Sub Speasialis
POS KUPANG/JOHN TAENA
Direktris Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Umbu Rara Meha, dr. Lely Harakai

Laporan Wartawan Pos Kupang, John Taena

POS KUPANG.COM, WAINGAPU -- Cancer termasuk salah satu jenis pemyakit yang mematikan di seluruh Pulau Sumba. Selain itu kekurangan tenaga dokter sub spesialis seperti, bedah tulang, bedah saraf dan bedah digestif juga termasuk masalah serius yang belum diatasi hingga saat ini.

Kepada Pos Kupang.com, di Waingapu, Direktris Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Umbu Rara Meha, dr. Lely Harakai mengatakan, mengirimkan tenaga dokter untuk mengikuti pelatihan di rumah sakit-rumah sakit besar di luar daerah adalah solusi yang sedang dilakukan oleh pihak managemen.

"Kalau ada kasus-kasus mematikan seperti itu, paling suadara-saudara kita itu dikirim dikirim ke luar daerah pulau. Kalaupun distabilkan di sini kemudian kita kirimkan ke Denpasar belum tentu pulangnya hidup. Kemungkinan juga meninggal dunia di sana. Belum tentu juga mendapatkan tempat untuk bisa ditolong di sana,"jelasnya.

Lebih lanjut Dia mengatakan, "Sehingga kita kirim kita punya dokter latihan, kalau operasi buka kepala di sana itu seperti apa? Setelah kembali sampai di sini, mereka-mereka itu bisa operasi buka kepala pasien di sini untuk kasih keluar pendarahan tapi dipandu oleh ahli-ahli yang ada di rumah sakit besar. Pakai itu 4G, pakai Indihome. Kebetulan kita punya meja operasi, itu sudah dilengkapi dengan CCTV-nya." (*)

Penulis: John Taena
Editor: Rosalina Woso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help