PosKupang/

Pemain NTT Ikut Seleksi Timnas

Menurut catatan Pos Kupang, delapan pemain asal NTT yang dipanggil mengikuti seleksi yaitu Yabes Roni Malaifani untuk

Pemain NTT Ikut Seleksi Timnas
istimewa
Fary Francis bersama pemain yang ikut seleksi Timnas U19 

POS KUPANG.COM - Berbagai tanggapan positif sontak muncul terkait masuknya delapan orang pemain sepakbola asal Provinsi Nusa Tenggara Timir (NTT) mengikuti seleksi masuk tim nasional (timnas) dalam beberapa kelompok umur. Delapan pemain sekaligus yang mengikuti seleksi masuk timnas merupakan sejarah pertama bagi NTT.

Menurut catatan Pos Kupang, delapan pemain asal NTT yang dipanggil mengikuti seleksi yaitu Yabes Roni Malaifani untuk timnas usia 22 tahun (U-22). Yabes asalah mantan pemaian Timnas U-19 asal Alor. Di kelompok U-19, ada enam pemain asal NTT yang kini sedang mengikuti seleksi di Lapangan Jenggala, Sidoardjo-Jawa Timur. Sementara di Timnas U-15, pemain asal Alor, Ruslan Bale Esa mengikuti seleksi di Jakarta.

Pemanggilan delapan pemain ini tentu berdampak positif bagi dunia persepakbolaan NTT. Lirikan pelatih tim nasional untuk talenta muda asal Flobamora mencerminkan bahwa kita memiliki potensi yang tidak kalah dibandingkan daerah lain di Indonesia. Sebut misalnya pemain bola asal Maluku, Sulawesi dan Papua. Di tengah keterbatasan sarana dan prasarana yang ada ternyata pemain kita bisa diandalkan.
Banyak hal pasti bisa dijelaskan oleh pembina dan pelatih terkait torehan prestasi ini. Kita belum tahu berapa orang di antara mereka yang nantinya bisa benar-benar lolos seleksi. Kita tentu berharap semakin banyak yang lolos tentu semakin baik bagi keharuman nama NTT.

Ibarat efek bola biliar, keikutsertaan pemuda NTT dalam seleksi timnas itu tentu membangkitkan semangat para remaja kita untuk berbenah diri. Tentu untuk mencapai level tinggi secara nasional, standar yang ditentukan tim seleksi juga pasti tinggi. Oleh karena itu, lolos atau tidaknya mereka dalam seleksi tentu lebih ditentukan oleh kemampuan individu peserta seleksi.

Catatan lainnya, NTT ternyata bisa menjadi bagian dari Sepakbola Indonesia'>Timnas Sepakbola Indonesia yang selama ini hanya impian belaka. Sejak dulu skuad itmnas umumnya pemain asal Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Sementara dari daerah lainnya sangat terbatas orang yang diikutsertakan. Jadi sekaranglah kesempatan emas bagi pemuda NTT untuk menunjukkan kepada dunia sepakbola Indonesia bahwa anak-anak NTT bisa.

Masuknya delapan orang pemain ikut seleksi timnas hendaknya menjadi pemicu untuk berprestasi dan mengurus sepakbola dengan lebih baik. Ini merupakan momentum bagi pembina, pelatih dan pengurus organisasi sepakbola di NTT berbenah diri.

Kalau diperhatikan secara sungguh-sungguh, masalah kita di NTT bukan terletak pada keterbatasan pemain terampil atau berbakat. Kita sebenarnya memiliki banyak pemain bertalenta tinggi, cuma pola pembinaan belum berjalan secara sistematis sesuai jenjang usia serta minimnya kompetisi reguler. Kita mendorong semakin banyak hadir sekolah atau akademi sepakbola di daerah ini sambil meminta pengurus PSSI di level manapun serius menghadirkan kompetisi yang teratur dan bermutu sesuai standar yang telah dipatok bersama. *

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help