Bumbu Kecap Manis Ini Butuh Penyimpanan yang Benar, Bagaimanakah Caranya ?

Kecap tentu tak asing bagi penggemar kuliner khususnya di Indonesia. Dengan tambahan kecap, kuliner bisa bertambah manis maupun asin.

Bumbu Kecap Manis Ini Butuh Penyimpanan yang Benar, Bagaimanakah Caranya ?
Shutterstock
Kecap 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Kecap tentu tak asing bagi penggemar kuliner khususnya di Indonesia. Dengan tambahan kecap, kuliner bisa bertambah manis maupun asin.

Kecap manis sendiri misalnya bisa ditemukan dalam bentuk kemasan botol maupun sachet. Lalu, bagaimana cara menyimpan kecap yang baik agar tetap tahan lama digunakan?

Senior Brand Manager Kecap Bango, Kaninia Radiatni mengatakan kecap manis bisa disimpan di suhu ruangan. Menurutnya, suhu ruangan yang baik berkisar 28-30 derajat celcius.

"Untuk kemasan pouch (sachet) bisa dipindahkan ke botol. Itu lebih masalah untuk kebersihan," kata Nia saat berbincang dengan KompasTravel seusai acara jumpa pers di Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Menurutnya, penyimpanan kecap manis di dapur rumah relatif tak masalah. Untuk pembelian kecap manis dengan bentuk sachet, lanjut Nia, setelah digunting lebih baik ditutup kembali.

"Biasanya ibu-ibu itu dikaretin. Jadi dilipat-lipat dulu lalu diikat dengan karet," tambahnya.

Nia mengatakan jika kecap manis dibiarkan terbuka akan menyebabkan terkontaminasi oleh udara. Ia menyebut juga hewan-hewan kecil juga bisa masuk ke kemasan kecap jika tak ditutup.

"Ditaruh di kulkas itu juga gak masalah. Cuma jadi agak kental aja ya. Dia sedikit kental jadi sulit dituang. Penyimpanan di kulkas, gak ada perubahan dan gak berpengaruh ke kualitas kecap," jelasnya. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help