PosKupang/

Beda Warna dan Cita Rasanya, Anda Perlu Mengenali Kopi Arab Saudi yang Anomali

Minuman kopi pada umumnya bewarna agak kehitaman, dengan harum khas biji kopi yang disangrai dengan tingkat kematangan tertentu.

Beda Warna dan Cita Rasanya, Anda Perlu Mengenali Kopi Arab Saudi yang Anomali
Kompas.com/Silvita Agmasari
Kopi arab yang rasanya seperti minuman herbal. 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Minuman kopi pada umumnya bewarna agak kehitaman, dengan harum khas biji kopi yang disangrai dengan tingkat kematangan tertentu.

Ketika diseruput minuman kopi tersebut akan menimbulkan rasa pahit yang nikmat.

Tentu saja dari penampakan, wangi, dan rasa, minuman kopi tak asing bagi masyarakat Indonesia. Namun kopi arab adalah kopi yang berbeda. Kopi ini anomali, tak seperti kopi pada umumnya.

"Sudah pernah coba kopi arab sebelumnya?" kata pramusaji Omarez Cafe & Restaurant, Abdul Halim saat KompasTravel berkunjung ke restoran yang terkenal dengan hidangan Timur Tengah ini, Jumat (3/3/2017).

Abdul menggambarkan kepada saya yang belum pernah mencoba kopi arab ini, rasanya seperti jamu, minuman tradisional khas Indonesia.

Perbandingan rasa kopi dan jamu oleh Abdul tersebut jelas hal yang aneh. Apa iya kopi rasanya bisa seperti minuman herbal.

"Minum kopinya sambil makan kurma," katanya sembari menunjuk mangkuk besi cantik khas Timur Tengah.

Teko kopinya juga tak kalah cantik, berbahan besi dengan desain khas Timur Tengah dengan corong bebek yang panjang, tiga cawan kecil dari kristal disiapkan untuk meminum kopi arab.

Ketika saya tuang kopi tersebut betapa terkejutnya saya. "Lho kopinya kok begini warnanya?" ceplos saya.

Warnanya bukan hitam atau cokelat tua sepeti kopi pada umumnya. Warnanya cokelat muda keruh, mirip warna jamu beras kencur.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help