PosKupang/

Jatung dari Bayi ini Berada di Luar Tubuhnya

Tazmina dan Jahirul tak menyangka bayinya akan lahir dengan kondisi tersebut. Apalagi, ia mengaku selama ini kehamilannya berjalan normal.

Jatung dari Bayi ini Berada di Luar Tubuhnya
Thinkstockphotos
Thinkstockphotos Ilustrasi 

POS KUPANG.COM, JAKARTA- Seorang bayi asal India lahir dengan posisi jantung berada di luar tubuhnya. Bayi tersebut merupakan putri dari Tazmina Khatun (28) dan Jahirul Isma (29).

Tazmina dan Jahirul tak menyangka bayinya akan lahir dengan kondisi tersebut. Apalagi, ia mengaku selama ini kehamilannya berjalan normal.

"Saya tak bisa menahan air mata ketika melihatnya. Saya belum pernah melihat kondisi seperti ini sebelumnya," kata Jahirul.

Tazmina melahirkan di rumah sakit pemerintah. Bayinya mendapat perawatan khusus sebelum harus menjalani operasi untuk meletakkan jantung sang bayi ke dalam dadanya.

Namun, Tazmina dan Jahirul khawatir putrinya tak bisa bertahan lama. Ia bisa melihat jantung putrinya berdetak di luar tubuh.

" Kami khawatir dengan apa yang akan terjadi pada bayi kami. Kami hanya berharap keajaiban untuk kelangsungan hidupnya, " ucap Jahirul.

Dr Manirul Islam Sarkar mengungkapkan, kondisi bayi Tazmina dan Jahirul dikenal dengan ectopia cardis, yakni jantung terletak di luar tubuh, baik sebagian atau seluruh jantung. Tim dokter berharap bisa menyelamatkan bayi itu.

Bayi yang belum diberi nama itu akan menjalani operasi dengan biaya pemerintah karena kedua orangtuanya tidak mampu.

"Kami berharap operasi berjalan sukses," kata Manirul.

Kondisi kelainan genetik seperti dialami bayi Tazmina ini sangat langka. Diperkirakan hanya terjadi 1 dari 126.000 kelahiran. Kebanyakan bayi yang lahir dengan ectopia cardis tidak dapat bertahan hidup setelah lahir atau meninggal saat masih di dalam kandungan.

Editor: Ferry jahang
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help