PosKupang/

Ratusan Koperasi di NTT Tidak Aktif

Ada 4.059 koperasi yang sudah didata berdiri di NTT. 319 koperasi diantaranya adalah primer Provinsi. Lainnya primer kabupaten.

Ratusan Koperasi di NTT Tidak Aktif
Pos Kupang/ Yeni Rachmawati
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) NTT, Thomas Bangke

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS KUPANG.COM, KUPANG - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) NTT, Thomas Bangke, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/3/2017) menjelaskan, Koperasi di NTT sudah berbasis digital dengan online sistem yang bisa diakses di seluruh dunia.

Ada 4.059 koperasi yang sudah didata berdiri di NTT. 319 koperasi diantaranya adalah primer Provinsi. Lainnya primer kabupaten.

Dari pendataan tersebut, 305 koperasi dinyatakan tidak aktif dan sementara dalam pengawasan khusus.

Dikatakannya, 305 koperasi yang tidak aktif di NTT, jika pengurus sudah tidak aktif, mungkin modalnya sudah tidak ada lagi dan usahanya juga tidak ada, maka akan dibubarkan.

"Namun 305 koperasi ini masih dalam pengawasan dan tersebar di Kabupaten/Kota. Memang jika sudah tidak aktif sebagai suatu lembaga ekonomi harus dibubarkan. Karena re-orientasi kita ke depan sudah berbasis digital dan mengutamakan kualitas. Selain membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mendirikan koperasi orientasinya adalah kualitas. Kita jamin dua sampai tiga tahun tidak ada koperasi abal-abal di NTT," kata Kepala Dinas KUMKM NTT, Thomas Bangke, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/3/2017).

Ia menjelaskan koperasi dikatakan tidak aktif apabila selama dua tahun berturut-turut tidak melaksanakan RAT. Karena RAT adalah keputusan tertinggi dari suatu koperasi, kalau tidak melaksanakan RAT berarti pengurus tidak bekerja dan anggota sudah tidak aktif lagi.

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help