PosKupang/

Berita Sumba

Pramuka Wira Kartika Sumba Timur Peduli Lansia

Satuan Karya (Saka) Pramuka Wira Kartika Kodim 1601/Sumba Timur melaksanakan gerakan pramuka peduli lansia (GPPL)

Pramuka Wira Kartika Sumba Timur Peduli Lansia
ISTIMEWA --
Anggota Saka Wira Kartika Kodim 1601/Sumba Timur memperbaiki rumah milik lansia Elizabeth Maru (73) di Kelurahan Hambala, Kecamatan Kota Waingapu, Sabtu (25/2/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Alfons Nedabang

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Satuan Karya (Saka) Pramuka Wira Kartika Kodim 1601/Sumba Timur melaksanakan gerakan pramuka peduli lansia (GPPL), Sabtu (25/2/2017). Adapun bentuk kegiatannya membantu pakaian layak pakai dan sembako.

Bhakti sosial melibatkan 30 anggota Saka Wira Kartika ini, dipimpin Pamong Saka Wira Kartika Serda Muslihudin.

Anggota Saka Wira Kartika mengunjungi lansia Elizabeth Mura (73), warga Kelurahan Hambala, Kecamatan Kota Waingapu.

Kepada Elizabeth yang kesehariannya bekerja sebagai tukang urut, Saka Wira Kartika memberi pakaian layak pakai dan sembako. Mereka juga memperbaiki rumah Elizabeth dengan material lokal yang mereka beli.

Pamong Saka Wira Kartika Kodim 1601/Sumba Timur, Serda Muslihudin menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap bulan dan sudah menjadi program rutin.

Menurutnya, kegiatan dimaksud juga bertujuan untuk membentuk kepekaan anggota Saka Wira Kartika guna ikut memperhatikan masyarakat di sekitar kita.

Lebih lanjut dijelaskan Serda Muslihudin bahwa Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Dibentuk lewat kerjasama Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat, bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Selain Saka Wira Kartika, dia menyebut ada Saka lainnya seperti Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru dan Saka Widya Budaya Bakti.

Menurutnya Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Tujuan lain kehadiran Saka Wira Kartika, yaitu membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Staf Humas Kodim 1601/Sumba Timur, Sertu Arfan Ardiyansah menjelaskan hal ini dalam press release yang dikirim ke Pos Kupang, Senin (27/2). (*)

Penulis: Alfon_Nenabang
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help