PosKupang/

Bendera Hitam Pertanda Tidak Berjamban di Kecamatan Kahali Sumba Timur

Pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara warga Kecamatan Katala Hamu Lingu

Bendera Hitam Pertanda Tidak Berjamban di Kecamatan Kahali Sumba Timur
ilustrasi
Toilet

Laporan wartawan Pos Kupang.com, John Taena

POS KUPANG.COM, WAINGAPU -- Pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara warga Kecamatan Katala Hamu Lingu (Kahali), Kabupaten Sumba Timur berperang melawan penyakit. Di daerah ini, rumah yang tidak berjamban wajib memasang bendera hitam selama satu bulan.

"Tujuannya supaya setiap orang yang lewat itu tahu bahwa rumah ini tidak berjamban. Bendera hitam itu satu di depan depan rumah, satu di rumah kepala desa dan satu lagi di kantor desa," jelas Camat Kahali, Thomas Peka Rihi, S. Sos, kepada Pos Kupang di ruang kerjanya, Kamis (23/2/2017).

Sanksi sosial itu, katanya, disepakati bersama warga dari lima desa di wilayah tersebut. Hal ini dikukuhkan dalam sebuah sumpah adat yang diikrarkan pada tahun 2014. "Kita serang psikisnya dan puji Tuhan berjalan normal karena itu kesepakatn bersama dengan sumpah adat," ujarnya.

Kurang lebih 800 rumah tangga di seluruh kecamatan itu, kata camat, saat ini sudah memiliki fasilitas jamban. "Jambannya mau permanen atau darurat pakai bambu, tidak masalah. Intinya setiap rumah wajib punya lubang WC," tegasnya. (*)

Penulis: John Taena
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help