PosKupang/

Redakan Stres Anda Agar Tak Gampang Sakit Flu

sesungguhnya ada sejumlah langkah membentengi diri agar tak tertular flu. Mari simak delapan langkah untuk menghindari flu itu.

Redakan Stres Anda Agar Tak Gampang Sakit Flu
Shutterstock
Ilustrasi 

POS KUPANG.COM -- Di musim hujan ini penyakit flu seolah sulit dihindari. Jangan khawatir, sesungguhnya ada sejumlah langkah membentengi diri agar tak tertular flu. Mari simak delapan langkah untuk menghindari flu itu.

1. Meredakan kadar stres
Ketika stres, sistem kekebalan tubuh rendah dan kita mudah tertular bakteri dan penyakit. Untungnya, ada banyak cara alami mengurangi stres dan kecemasan agar kekebalan tubuh tetap kuat dan stabil. Cobalah minum teh hijau hangat, mandi berendam air hangat, pijat refleksi atau meditasi. Terapi aroma pun bisa meredakan stes.

2. Cuci tangan
Cuci tangan pakai sabun itu sangat penting untuk mencegah penularan penyakit, terutama di musim flu. Seringlah mencuci tangan pakai sabun terutama setelah berada di tempat umum seperti sehabis naik bus, kereta api atau sehabis belanja.

3. Tidur
Cara lain merusak kekebalan tubuh adalah dengan begadang. Tidur tidak hanya penting untuk mencegah flu tetapi juga penting untuk pemulihan tubuh. Tidurlah paling tidak delapan jam sehari.

4. Olahraga
Berolah raga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tak mudah sakit.

5. Mengonsumsi makanan pendongkrak kekebalan tubuh
Minumlah teh hijau hangat atau makan buah jeruk. Keduanya memiliki kemampuan mendongkrak kekebalan tubuh kita dan mengusir virus-virus flu di musim hujan. Potongan jeruk lemon atau jahe yang ditambahkan ke dalam teh hangat pun bermanfaat melindungi tubuh dari flu.

6. Beristirahat
Terasa sakit tenggorokan atau hidung mampet? Jangan memaksakan diri. Istirahatlah di rumah agar gejala flu itu tidak memburuk.

7. Sering bersih-bersih
Sama pentingnya dengan mencuci tangan, jagalah kebersihan rumah dan kantor. Handuk dan seprai harus sering dicuci. Jika ada tamu dari luar kota menginap, tetap jaga kebersihan rumah. Berbagi tempat tinggal sama saja dengan berbagi kuman.

8. Hindari teman yang sakit
Kirimi teman yang sakit satu mangkuk sup panas untuk melegakan sakit flunya. Tetapi sebaiknya jangan berlama-lama di rumah teman yang sakit. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help