Penyaluran PKH Tahap IV Di Kota Kupang Rp 858 Juta

Program Keluarga Harapan merupakan salah satu program Pemerintah RI yang dalam hal ini di representasikan oleh Kementerian Sosial RI.

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Program Keluarga Harapan merupakan salah satu program Pemerintah RI yang dalam hal ini di representasikan oleh Kementerian Sosial RI.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakatnya secara adil dan merata.

Program tersebut diwujudkan dalam bentuk penyaluran bantuan sosial (bansos) non tunai kepada masyarakat yang kurang beruntung.Tepat, cepat, aman dan mudah serta minim tindak penyelewengan, menjadi karakterisitik utama dari program ini.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala BRI Cabang Kupang, Kusdinar usai Acara Penyerahan Bantuan di Grand Mutiara, Selasa (31/1/2017), mengatakan Bank BRI sebagai mitra kerja Kementerian Sosial RI, kemudian meluncurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) - BRI.

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) - BRI adalah kartu debit khusus yang dapat digunakan oleh masyarakat kurang beruntung yang sudah terdaftar di Kemensos untuk menerima bansos. Pemegang kartu tersebut dapat menggunakannya untuk bertransaksi di e-Warong KUBE-PKH.

Selain itu, dapat juga digunakan untuk bertransaksi di 10.802 unit kerja konvensional, 23.126 jaringan ATM BRI dan 77.029Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kata Kusdinar yang dihadiri Vice President Banking BRI, Taufik, sinergi atau kerjasama antara BRI dengan Kementerian Sosial RI bukan hanya kali ini saja. Bank BRI telah menjadi mitra perbankan Kementerian Sosial sejak tahun 2007 sampai dengan saat ini. Beberapa program penyaluran Kementerian Sosial diantaranya, dari tahun 2007 s/d 2010, Bank BRI telah menyalurkan KUBE (Kelompok Usaha Bersama) sebanyak +/- Rp. 1 Triliun dan pada tahun 2011 s/d 2012, menyalurkan PKH +/- Rp. 835 M kepada ± 600 ribu KSM (Keluarga Sangat Miskin).

"Ke depannya kami berharap, sinergi antara Kementerian Sosial dan BRI yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus berlanjut, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat secara adil dan merata serta terwujudnya target keuangan inklusif nasional, dengan cara menghubungkan masyarakat lapisan terbawah melalui layanan keuangan formil. Kali ini tahap ke IV penyalurannya sebanyak Rp 858 juta melalui BRI," tuturnya.*

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help