Ini Syarat dan Ketentuan Masuk Undana Jalur SNMPTN dan SBMPTN 2017

Karo BAAKPSI, Drs. Jimmy Benu, M.Si dalam paparannya tentang "Seleksi SNMPTN dan SBMPTN 2017" mengatakan, tes melalui Computer Based Test (CBT) pada t

Ini Syarat dan Ketentuan Masuk Undana Jalur SNMPTN dan SBMPTN 2017
istimewa
gerbang masuk ke Kampus Undana Kupang 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Maksi Marho

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Karo BAAKPSI, Drs. Jimmy Benu, M.Si dalam paparannya tentang "Seleksi SNMPTN dan SBMPTN 2017" mengatakan, tes melalui Computer Based Test (CBT) pada tahun sebelumnya mendapat perbaikan di tahun 2017, adalah jumlah CBT sebanyak 2.520 orang dengan menggunakan fasilitsa UKDI lus, maka tahun ini jumlah peserta CBT dengan menggunakan jaringan internet 30.000.

Ia menjelaskan persyaratan peserta SNMTPN adalah bagi siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir pada tahun 2017 yang memiliki prestasi unggul dan memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing PTN.

Sementara, untuk SBMPTN, yaitu bagi siswa lulusan tahun 2015 dan 2016 yang memiliki ijazah, bagi siswa lulusan tahun 2017 yang telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) Pendidikan Menengah dan memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran di Prodinya.

Adapun ketentuan khusus, SNMPTN, jelas Jimmy, yaitu: Pertama, persyaratan sekolah terdiri dari SMA/MA/SMK(N/S) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Dan kedua, persyaratan siswa pendaftar, yaitu memiliki prestasi unggul, meiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS dan memiliki nilai rapor semester satu sampai lima yang telah diisikan di PDSS.

Untuk pilihan PTN dan Prodi, jelas Jimmy, untuk SNMPTN yaitu : Pertama, pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN.

"Apabila memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi dimana pun," sebutnya.

Kedua, pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga prodi dengan ketentuan dalam satu PTN sebanyak-banyaknya boleh memilih dua prodi. Sementara untuk SBMPTN, jelas Jimmy, peserta dapat memilih tiga prodi sebanyak-banyaknya tiga, yaitu: Pertama, peserta ujian yang hanya memilih satu prodi dapat memilih prodi di PTN manapun. Kedua, peserta ujian yang memilih dua prodi atau lebih, salah satu pilihan prodi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian.

"Pilihan prodi yang lain dapat di PTN di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian," ujarnya. Ia menambahkan, urutan pemilihan prodi menyatakan prioritas pilihan.

Adapun waktu SNMPTN 2017 yaitu; launching SNMPTN tanggal 13 Januari, Pengisian PDDS tanggal 14 Januari-10 Februari 2017, Verifikasi PDDS tanggal 21 Februari-6 Maret 2017, Proses Seleksi tanggal 16 Maret-15 April 2017, Pengumuman Kelulusan tanggal 26 April 2017 dan pendaftaran ulang peserta yang lulus SMPTN tanggal 16 Mei 2017 bersamaan degna ujian tulis SBMPTN.

Sementara waktu SBMPTN yaitu; launching SBMPTN tanggal 13 Januari 2017, pendaftaran Paper Based Test dan Computer Based Test tanggal 11 April-5 Mei 2017, Ujian tertulis Paper Based Test dan Computer Based Test tanggal 16 Mei 2017, ujian ketrampilan tanggal 17 atau 18 Mei 2017 dan Pengumuman SBMPTN tanggal 13 Juni 2017.

Sebelumya dalam sambutannya Rektor Prof. Fred menyampaikan terima aksih atas kehadiran para kepala SMA/SMK/MA/MAK dan para siswa untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Ia berharap, apa yang dijelaskan bisa diikuti pihak sekola sebagai wujud kerjasama.

Walaupun, ia mengaku, saat ini sekolah menengah dan PTN tidak berada dalam satu kementerian. Namun, kerjasama tersebut perlu dilakukan demi masa depan pendidikan bagi generasi masa kini. Pantauan media ini sosialisasi tersebut dihadiri Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Simon Sabon Ola, M.Hum, Pembantu Rektor Bidang Kerjasama, Ir. I Wayan Mudita, Ph. D, para Kepala, operator dan perwakilan siswa setiap SMA/SMK/MA/MAK di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.*

Penulis: maksi_marho
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved