KM. Egon Akhirnya 'Menyerah' Singgahi Pelabuhan Maropokot

Awalnya berkoar-koar tidak akan mundur meskipun muatan minim, namun lama-lama KM Egon 'menyerah' juga untuk melayani pelayaran ke Marapokot, Kabupaten

KM. Egon Akhirnya 'Menyerah' Singgahi Pelabuhan Maropokot
Net
KM Egon 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS KUPANG.COM, MBAY -- Awalnya berkoar-koar tidak akan mundur meskipun muatan minim, namun lama-lama KM Egon 'menyerah' juga untuk melayani pelayaran ke Marapokot, Kabupaten Nagekeo.

Dalihnya memang kondisi dermaga yang tidak nyaman bukan muatan kosong. Namun dari data lalu lintas barang dan orang yang keluar masuk melalui Pelabuhan Marapokot masih sangat minim.

SEREMONIAL - Acara seremonial penyambutan kedatangan Kapal roro, KM. Egon saat bersandare di Pelabuhan Maropokot, Kabupaten Nagekeo, NTT, Senin (11/5/2016).
SEREMONIAL - Acara seremonial penyambutan kedatangan Kapal roro, KM. Egon saat bersandare di Pelabuhan Maropokot, Kabupaten Nagekeo, NTT, Senin (11/5/2016).

Kepala Dinas Perhubungan Kabulayen Nagekeo, Alex Jata, S.H yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/1/2017), mengungkapkan, untuk sementara PT Pelni (Persero) menghentikan layanan KM Egon ke Pelabuhan Maropokot dan mengganti dengan KM Wilis.

Alasan pemberhentian tersebut, jelas Alex, karena kondisi Dermaga Pelabuhan Maropokot yang kurang nyaman.

"Ada 23 vendor di Dermaga Maropokot yang rusak. Kalau dipaksakan bisa merusak lambung kapal," jelas Alex.
Dikatakan Alex, KM Egon akan kembali ke Nagekeo setelah vendor dermaga di pelabuhan itu diperbaiki.

"Itu hasil rapat PT Pelni dengan Kementerian Perhubungan. Setelah vendor diperbaiki, tim dari Kementerian Perhubungan dan PT Pelni akan turun tinjau Dermaga Maroppkot. Jika sudah diperbaiki, KM Egon baru dijadwalkan kembali ke Marapokot," demikian Alex.

Alex mengungkapkan, biaya rehab vendor dan pembenahan kembali lonstrulsi pelabuhan khususnya lapangan penumpukan mencapai Rp 5,6 M lebih.

Ia mengaku usulan dana untuk perbaikan vendor dan pembenahan Pelabuhan Maropokot sudah disampaikan ke Kemeterian Perhubungan.

"Kita sudah ajukan proposal ke Kementerian Perhubungan pada September 2016. Sekjen sanggupi dan diakomodir pada tahun 2017," demikian Alex.

Di saat Pelni menghentilan pelayanan KM Egon ke Maropokot, PT ASDP (Persero) justeru menambah frekuensi pelayaran Pelabuhan Maropokot. KIKA sebelumnya, kata Alex , PT ASDP melalii KMP Sangke Pelangga hanya melayani Marapokot dua kali dalam sebulan mulai bulan ini meningkat menjadi tiga kali sebulan.

Informasi lebih lanjut tentang jadwal pelayaran KMP Sanke Pelangga ke Pelabuhan Maropokot, silakan menghubungi pihak ASDP atau Dinas Perhubungan Kabupaten Nagekeo.*

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help