Perempuan Belgia dan Prancis Ditangkap di Hungaria Terkait Terorisme

Salah satu dari mereka menunjukkan paspor palsu ketika menjalani pemeriksaan di pos perbatasan,

POS KUPANG.COM -  - Pihak berwenang Hungaria mengatakan, Jumat, mereka telah menahan seorang perempuan Belgia berusia 18 tahun dan seorang perempuan Prancis berumur 19 tahun ketika keduanya berada dalam perjalanan menuju Suriah untuk bergabung dengan kelompok jaringan ISIS.

Mereka ditahan berdasarkan perintah yang dikeluarkan Eropa terhadap orang-orang yang diduga melakukan kegiatan terkait dengan terorisme.

Kedua perempuan tersebut ditangkap pada Kamis pukul 01.00 GMT (Kamis, 08.00 WIB) ketika sedang menyeberang menuju Serbia menggunakan bus dari Wina ke Sofia, kata kepolisian di laman lembaga tersebut.

Penasihat keamanan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban, Gyorgy Bakondi, mengatakan kepada kantor berita MTI, kedua perempuan dalam perjalanan menuju Damaskus.

Salah satu dari mereka menunjukkan paspor palsu ketika menjalani pemeriksaan di pos perbatasan, ujar Bakondi.

Juru bicara pemerintah, Zoltan Kovacs, mengatakan kedua perempuan telah berniat bergabung dengan kelompok-kelompok garis keras yang memiliki hubungan dengan kelompok ISIS bersenjata.

Hungaria merupakan rute persimpangan utama menuju Eropa bagi ratusan ribu migran pada 2015. Sejak itu, Hongaria telah mendirikan pagar di perbatasannya bagian selatan dengan Serbia dan Kroasia.

Hungaria juga telah menerapkan undang-undang ketat serta patroli polisi dan tentara untuk mencegah penyeberangan perbatasan secara ilegal *)

Editor: Ferry_Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help