Tumor Berisi Otak Ditemukan pada Gadis Berumur 16 Tahun Asal Jepang

Sebuah tumor ditemukan di dalam ovarium seorang gadis berumur 16 tahun di Jepang

Tumor Berisi Otak Ditemukan pada Gadis Berumur 16 Tahun Asal Jepang
Health24
Teratoma, tumor yang berisi jaringan lain di dalamnya. Pada gambar, tumor berisi rambut. 

POS KUPANG.COM -- Sebuah tumor ditemukan di dalam ovarium seorang gadis berumur 16 tahun di Jepang. Berbeda dengan tumor umumnya, tumor itu punya isi. Yang mengejutkan, isinya adalah otak!

Otak mini - berukuran kurang lebih 3 cm - dalam tumor diketahui setelah Masayuki Shintaku di Shiga Medical Centre for Adults di Jepang menyayat tumor yang ditemukannya.

Saat menyayat, ia menemukan gumpalan yang lengket dan berminyak. Setelah dianalisis, gumpalan itu mirip dengan cerebellum, bagian otak kecil.

Shintaku mengatakan, seperlima tumor ovarium memang bisa berisi jaringan asing, seperti gigi, rambut, lemak, dan otot. Tumor yang punya isi itu biasa disebut teratoma.

Jaringan otak kerap ditemukan di tumor ovarium. "Tapi struktur menyerupai otak dewasa jarang ditemukan," kata Angelique Riepsamen dari Universoty of New South Wales, Australia, yang tak terlibat penelitian.

Gadis si empunya tumor tak merasakan gangguan apapun akibat otak mini di ovarium itu. Namun, sejumlah laporan menyebutkan bahwa teratoma bisa mengakibatkan gangguan psikologis.

Diberitakan New Scientist, Jumat (6/1/2016), orang yang memiliki teratoma bisa mengalami perubahan kepribadian, kecemasan, kebingungan, hingga lupa ingatan.

Gangguan terjadi saat sistem kekebalan tubuh mengenali teratoma sebagai benda asing yang mengancam. Gangguan bisa sembuh jika tumor diangkat. Dalam kasus gadis 16 tahun ini, tumor berhasil diangkat tanpa masalah. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved