Tiket Penumpang dari Bajawa Lanjutan ke Jakarta Hangus

Penumpang Wings Air dari Bajawa tujuan Labuan Bajo baru diberangkatkan pukul 14.00 Wita setelah kondisi pesawat baik dan dinyatakan layak terbang.

Tiket Penumpang dari Bajawa Lanjutan ke Jakarta Hangus
POS KUPANG/EDY BAU
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, BAJAWA -- Penumpang Wings Air dari Bajawa tujuan Labuan Bajo baru diberangkatkan pukul 14.00 Wita setelah kondisi pesawat baik dan dinyatakan layak terbang.

Beberapa penumpang pesawat yang hendak melanjutkan perjalanan dari Labuan Bajo ke Jakarta menggunakan pesawat di luar grup Lion Air terpaksa menerima resiko karena tiket pesawatnya hangus.

"Kami mau ke Jakarta dengan pesawat Garuda Labuan Bajo. Pesawat terbang jam 2.40 Wita. Kalau dari sini jam dua, maka sampe sana kami tidak dapat pesawat lagi. Kami punya tiket pasti hangus. Kami minta manajemen Wings harus bertanggungjawab meski kami punya tiket bukan di maskapai yang sama. Kami rugi Rp 4,8 juta untuk dua orang," tutur penumpang dengan nada kesal.

Mereka sempat mengkomplain dengan manajemen Wings Air, namun manajemen tidak bertanggungjawab atas masalah tiket hangus. Manajemen hanya bertanggungjawab bagi penumpang yang melanjutkan penerbangan dengan maskapai yang sama atau grup.

Sedangkan penumpang yang mengalami pembatalan kemarin, Kamis (5/1/2016) mengkeluhkan sikap manajemen Wings Air.

Pasalnya, uang ganti rugi transportasi tidak sesuai dengan nota yang diberikan. Ada beberapa penumpang memberikan nota transportasi pulang pergi Soa-Bajawa hingga angka Rp 200 ribu, namun manajemen hanya menggantikan Rp 100.000.

Alasanya, tarif taksi Bandara Soa-Bajawa hanya Rp 50.000 sehingga pulang pergi Rp 100 ribu. Bagi penumpang yang menginap di hotel tetap digantikan oleh manajemen sesuai harga rill, termasuk makan-minum.

Pantuan Pos Kupang, penumpang Wings Air dari Kupang tujuan Labuan Bajo, Jumat (6/1/2016) diturunkan ke Bandara Soa karena pesawat harus kembali ke Kupang untuk menghantar penumpang yang mengalami pembatalan sehari sebelumnya, Kamis (5/1/2017).

Penumpang Labuan Bajo baik yang dari Kupang maupun dari Bajawa diberangkatkan menggunakan pesawat yang mengalami gangguan mesin yang saat itu tengah diperbaiki di Bandara Soa.

Pesawat yang mengalami gangguan mesin mulai dikerjakan setelah tenaga teknis dari Kupang tiba di Bandara Soa sekitar pukul 10.10 Wita. Perbaikan pesawat hampir tiga setengah jam.

Pesawat mengalami gangguan mesin akibat kekurang oli hydrolik. Pesawat Wings Air parkir di Bandara Soa sejak Kamis (5/1/2017) pukul 12.00 Wita hingga Jumat (6/1/2017) pukul 14.00 Wita. Pesawat diparkir di apron bagian timur.

Manajer Wings Air Cabang Bajawa, Ny. Beatriks yang ditemui Pos Kupang di Badara Soa tidak bersedia memberikan keterangan. Wartawan yang baru mengajukan pertanyaan pertama, Beatriks langsung menghindari dari dalam ruang dengan alasan masih mengurus penumpang.

Padahal, pesawat tujuan Labuan Bajo saat itu sudah berangkat sekitar 10 menit yang lalu. Beatriks sudah sejak awal sengaja menghindar wartawan yang melakukan konfirmasi.*

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved