Anda Perlu Kenali Enam Mitos Salah tentang Infeksi Genital Herpes

Para peneliti WHO memperkirakan, ada 3,7 miliar orang di bawah usia 50 terinfeksi HSV-1, yang dikenal sebagai penyebab cold sore

Anda Perlu Kenali Enam Mitos Salah tentang Infeksi Genital Herpes
Ilustrasi 

POS KUPANG.COM -- Ternyata, hampir dua-pertiga dari populasi global terinfeksi virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1), menurut laporan terbaru yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Para peneliti WHO memperkirakan, ada 3,7 miliar orang di bawah usia 50 terinfeksi HSV-1, yang dikenal sebagai penyebab cold sore (Cold sore adalah luka atau lepuhan yang berisi cairan yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simplex tipe-1).

Lalu, ada 417 juta orang di seluruh dunia berusia 15-49 memiliki HSV-2, jenis yang paling sering dianggap sebagai penyakit menular seksual.

Ada 140 juta orang dewasa mengalami infeksi genital disebabkan oleh HSV-1. Artinya, ada setengah milyar penduduk Bumi menderita infeksi seksual jenis herpes.

Herpes adalah infeksi yang sangat umum. Namun demikian, pengetahuan kita mengenai herpes masih sangat kurang, bahkan kita cenderung memercayai berbagai mitos. Berikut adalah beberapa mitos mengenai herpes dan fakta untuk meluruskan pemahaman kita yang mungkin selama ini, salah.

Mitos: Saya tidak pernah menunjukkan gejala, jadi saya pasti tidak memiliki herpes.

Sayangnya, tidak terlihatnya gejala tidak berarti Anda bebas herpes. Banyak orang yang terinfeksi virus tidak pernah mengalami gejala yang nyata, kata Mary Rosser, MD, PhD, direktur kebidanan dan kandungan di Montefiore Medical Center.

Ketika mereka memilikinya, sering mereka tidak tahu bahwa itu adalah herpes. Hal ini menjelaskan mengapa 87,4% individu yang terdiagnosis terinfeksi virus herpes, mengaku tidak memiliki gejala, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

"Gejala herpes seperti ruam panas, gatal, infeksi jamur dan reaksi alergi bisa sangat ringan dan bahkan tersamar dengan gejala penyakit yang lain," kata Fred Wyand, direktur komunikasi American Association Kesehatan Seksual (ASHA).

Mitos: Baru-baru ini, saya menjalani uji penyakit seksual menular jadi saya tahu bahwa saya bersih dari herpes.

Halaman
123
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved