PosKupang/

Piala AFF

Terima Kasih, Timnas Indonesia

Indonesia gagal menjadi juara setelah kalah agregat 2-3 dari Thailand pada final Piala AFF 2016. Sempat unggul 2-1 pada final pertama, Indonesia kalah

Terima Kasih, Timnas Indonesia
AP PHOTO / ACHMAD IBRAHIM
Para pemain Timnas Indonesia, antara lain Stefano Lilipaly (nomor 8), Zulham Zamrun (no 10), merayakan kemenangan usai mengalahkan Thailand di laga final Piala APP 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016). Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Thailand. 

POS KUPANG.COM -- Tim nasional Indonesia memang gagal menjadi juara Piala AFF 2016. Namun, apresiasi positif ditunjukkan masyarakat Indonesia atas perjuangan timnas.

Indonesia gagal menjadi juara setelah kalah agregat 2-3 dari Thailand pada final Piala AFF 2016. Sempat unggul 2-1 pada final pertama, Indonesia kalah 0-2 dari Thailand pada final kedua di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016).

Kendati demikian, sejumlah netizen menunjukkan apresiasi positif atas perjuangan Boaz Solossa dkk. Dari linimasa di Twitter, sejumlah netizen menghaturkan ucapan terima kasih atas perjuangan timnas Indonesia.

Perjuangan timnas memang pantas diacungi jempol. Berbagai masalah dihadapi dalam persiapan membentuk timnas untuk Piala AFF 2016.

Masalah pertama terkait dari sanksi FIFA sehingga tak ada kompetisi resmi sebagai wadah pencarian bakat timnas. Setelah setahun dibekukan, sanksi itu baru dicabut pada Mei 2016.

Masalah kedua muncul terkait pemilihan pemain. Lantaran kompetisi nonresmi masih bergulir, pelatih Alfred Riedl hanya diizinkan menarik dua pemain dari tiap klub peserta TSC 2016.

Kendati demikian, dengan segala keterbatasan itu, timnas bisa tampil melebihi ekspektasi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Rasa pesmimistis muncul setelah timnas sempat kalah dari Thailand pada laga pembuka fase grup. Setelah itu, timnas juga sempat ditahan imbang oleh Filipina.

Eksektasi meninggi setelah timnas menang atas Singapura pada laga pamungkas dan lolos ke semifinal. Euforia suporter Indonesia pun meninggi dengan menyaksikan dan memberi dukungan langsung ke stadion.

Pada laga final, Thailand membuktikan diri sebagai tim yang lebih baik. Meski sempat kalah 1-2 di Bogor, Thailand bangkit dan menang 2-0 untuk meraih gelar kelima Piala AFF

Indonesia memang harus menunggu untuk melihat timnas menjadi juara. Namun, Boaz Solossa dkk sudah mempersatukan segala perbedaan di Tanah Air ketika bertanding di Piala AFF kali ini. 

Terima kasih, timnas Indonesia... 

 (Kompas.com)

Editor: alfred_dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help