10 Kapal Perang TNI AL Sudah ada di Lembata

Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk mengimbau masyarakat Lembata agar menyambut Harnus 2016 ini harus menjaga sopan santun.

10 Kapal Perang TNI AL Sudah ada di Lembata
Net
KRI Teluk Makassar 

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk mengimbau masyarakat Lembata agar menyambut Harnus 2016 ini harus menjaga sopan santun.

"Kita memiliki kebiasaan Lamaholot yang sudah diwariskan secara turun temurun. Kebiasaan itu mengajarkan kita bagaimana menjaga sikap dan perilaku, sopan santun dalam hidup bermasyarakat. Jadi, tunjukkan itu baik baik agar kita menjadi tuan rumah yang baik bagi kelangsungan acara Harnus," imbau Manuk.

Baca: Warga Lembata Antusias Sambut Kunjungan Jokowi

Manuk menjelaskan, berbagai persiapan sudah dilakukan. Bahkan saat ini, masyarakat sepertinya tak sabar lagi menanti pelaksanaan puncak acara tersebut.

Apresiasi masyarakat itu, kata Manuk, terlihat dari tingginya kunjungan masyarakat ke lokasi Harnus dan ke Pelabuhan Lewoleba untuk melihat kapal-kapal perang dan Kapal Dewaruci yang berlabuh di pelabuhan itu.

Manuk mengimbau warga agar menunjukkan sikap dan perilaku yang baik sebagai tuan rumah kepada tamu-tamu yang datang.

"Jangan kita nodai suasana ini dengan sikap dan perilaku yang kurang berkenan. Untuk itu, tunjukkan sikap yang baik kepada siapa saja, supaya itu menjadi cerita di kemudian hari. Sikap dan perilaku yang baik juga akan menjadi cerita akan kebaikan daerah ini," ujarnya.

Kapal-kapal perang kini 'menyerbu' Lembata. Informasi yang dihimpun menyebutkan, kapal-kapal perang itu ikut Harnus XVI nanti. Saat puncak Hari Nusantara, 13 Desember 2016, kapal-kapal perang tersebut akan melakukan Sailing Pass di Teluk Lewoleba.

Sailing Pass dibagi tiga divisi. Divisi I terdiri dari kapal-kapal perang besar. Divisi II kapal perang cepat dan kapal-kapal patroli. Divisi II terdiri dari Kapal Dewaruci, kapal nelayan dan kapal-kapal masyarakat. Sailing pass untuk memberi hormat kepada Presiden bersama tamu-tamu negara, gubernur dan para bupati se-Indonesia serta tamu undangan lainnya.

Hingga Jumat (9/12/2016) sekitar pukul 10.00 Wita, hampir 10 kapal perang telah tiba di perairan Lewoleba. Sementara Kapal Dewaruci berlabuh di Pelabuhan Lewoleba. Kapal tersebut selalu dikunjungi masyarakat mulai pagi hari hingga malam hari. Sementara di kawasan pelabuhan dibangun tenda-tenda Harnus dan tenda Expo Nusantara. Expo Nusantara dibuka Jumat (9/12/2016) sore yang diawali karnaval.

Untuk memastikan keamanan di Kabupaten Lembata, Danrem 161/Wirasakti Kupang, Brigjen Heri Wiranto bersama Danlanud El Tari Kupang, Kolonel (pnb) Jorry S Koloay, dan Dandim Flotim, Letkol (Inv) Dadi Rusdiadi terus mengunjungi daerah ini.

Kepada Pos Kupang di Lewoleba, Senin (5/12/2016), Danrem Wiranto mengatakan, saat situasi di Lembata kondusif. Hal senada dikatakan Kapolres Lembata, AKBP Arsdo Simatupang. "Saya imbau masyarakat mengedepankan kamtibmas. Kalau kamtibmas terpelihara baik, masyarakat akan bekerja tanpa merasa takut," ujar Simatupang. (kro)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved