Yonif Raider 641/Beruang Temukan 40 Patok Batas Negara Baru

Empat bulan lebih bertugas sebagai pasukan penjaga perbatasan RI-RDTL, Yonif Raider 641/Beruang telah melaksanakan berbagai tugas dengan baik.

Yonif Raider 641/Beruang Temukan 40 Patok Batas Negara Baru
net
Perbatasan Indonesia dan Timor Leste

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA -- Empat bulan lebih bertugas sebagai pasukan penjaga perbatasan RI-RDTL, Yonif Raider 641/Beruang telah melaksanakan berbagai tugas dengan baik.

Untuk bidang patroli patok, satuan petugas (satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas)ini telah melakukan patroli sepanjang garis perbatasan dan telah menemukan 40 patok batas negara (PBN) baru.

Hal ini diungkapkan Komandan Satgas pamtas Yonif Raider 641/Beruang, Letkol Wisnu Herlambang usai acara panen ubi ungu di kebun percontohan satgas, Jumat (2/12/2016).

Dikatakannya, satgas ini memiliki tanggungjawab terhadap 482 obyek yang terdiri dari 278 patok batas negara (PBN), 23 CBDRF (common border datum reference frame) dan 181 BSP (Border sign post).

"Semua patok sudah dipatroli. kita menemukan 40 PBN baru yakni 11 buah di Pos Laktutus dan 29 di Pos Asumanu." ujarnya.

Dia mengungkapkan, selain menemukan 40 PBN baru, pihaknya juga telah menemukan kembali satu PBN yang dinyatakan hilang selama ini yakni PBN no.B 101057 RI CO 4047-9801. "PBN ini kita temukan di Pos Dilumil yang selama ini dinyatakan hilang. kita temukan dalam kondisi baik," ujarnya.

Untuk bidang teritorial, lanjutnya, satgas berhasil mendapatkan penyerahan senjata api dari masyarakat sebanyak 22 pucuk yakni 12 pucuk springfield, enam pucuk rakitan laras panjang, tiga pucuk rakitan laras pendek dan satu meriam.

"Kita juga menggagalkan upaya penyelundupan 1.520 liter BBM dan satu unit sepeda motor honda revo," ungkapnya.

Terkait lintas batas, demikian, Herlambang, satgas mencatat setidaknya ada 26.686 orang melintas secara legal dari Indonesia ke Timor Leste dan sebanyak 26.647 dari Timor Leste ke Indonesia. Untuk pelintas ilegal dan dideportasi, sebanyak 39 orang dari Indonesia ke Timor Leste dan sebaliknya.*

Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help