RUPS Berhentikan Daniel Tagu Dedo, Bria Seran Jabat Plt Dirut Bank NTT

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa Bank NTT memberhentikan Daniel Tagu Dedo dari jabatan Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Selasa (29/11/2016)

RUPS Berhentikan Daniel Tagu Dedo, Bria Seran Jabat Plt Dirut Bank NTT
Dok
Daniel Tagu Dedo

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa Bank NTT memberhentikan Daniel Tagu Dedo dari jabatan Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Selasa (29/11/2016). Masa jabatan Daniel sesungguhnya baru berakhir pada Desember 2017.

Forum RUPS luar biasa menetapkan Eduardus Bria Seran selaku Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bak NTT.

Plt Dirut Bank NTT Eduardus Bria Seran
Plt Dirut Bank NTT Eduardus Bria Seran dan Komisaris Independe Piet Djemadu menggelar jumpa pers di Bank NTT Pusat, Selasa (29/11/2016).

Pemberhentian Daniel Tagu Dedo dan penetapan Bria Seran disampaikan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya kepada wartawan seusai RUPS di kantor Pusat Bank NTT kemarin sore.

"Pemegang saham menyetujui usulan dari komisaris sehingga digelar RUPS luar biasa. RUPS menetapkan Direktur Pemasaran, Edu Bria Seran selaku Plt Dirut Bank NTT sampai ada RUPS berikutnya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat," kata Frans Lebu Raya.

Lebu Raya menegaskan, pelaksanaan RUPS luar biasa Bank NTT yang diikuti para pemegang saham yaitu bupati dan walikota se-NTT dilakukan tidak tergesa-gesa. RUPS dilaksanakan sesuai usulan komisaris sejak dua bulan lalu yang disetujui para pemegang saham untuk meninjau kembali hasil RUPS tahunan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Mei 2016.

Frans Lebu Raya juga menampik alasan RUPS memberhentikan Daniel Tagu Dedo dari jabatan Dirut karena yang bersangkutan akan maju sebagai calon Gubernur NTT pada pilkada tahun 2018. Menurut Lebu Raya, RUPS tidak terkait masalah politik.

"Soal beliau maju jadi calon gubernur, itu hanya salah satu dari yang dibicarakan ketika RUPS di Labuan Bajo, Mei 2016. Apa yang dilaksanakan hari ini merupakan usulan komisaris sesuai hasil pengawasan internal," tegasnya.

Komisaris Utama Bank NTT Frans Salem juga membenarkan RUPS luar biasa yang dipimpin Komisaris Pengendali yang juga Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Frans Lebu Raya memberhentikan Daniel Tagu Dedo.

"Kami baru selesai RUPS luar biasa. RUPS telah mengambil keputusan memberhentikan Direktur Utama Bank NTT Daniel Tagu Dedo dari jabatan," kata Frans Salem yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) NTT.

Mengenai alasan pemberhentian Daniel Tagu Dedo, dia mengatakan, ada beberapa persoalan yang menjadi sorotan para pemegang saham dalam RUPS di Labuan Bajo. Beberapa persoalan yang menjadi sorotan, antara lain, masalah perjalanan dinas Direktur Utama Bank NTT ke luar NTT, masalah mutasi dan pengembangan SDM serta koordinasi internal yang kurang baik.

"Masalah yang paling disoroti adalah masalah pengembangan sumber daya manusia di Bank NTT," kata Frans Salem.
Frans Salem mengakui, ada sejumlah pemegang saham yang menolak pemberhentian Direktur Utama Bank NTT, namun mayoritas menyetujui pemberhentian sehingga forum RUPS luar biasa mengambil keputusan itu.

Seperti disaksikan Pos Kupang, RUPS luar biasa itu dihadiri semua pemegang saham, antara lain, Bupati Manggarai, Deno Kamelus, Bupati Timor Tengah Utara, Raymundus Fernandes, Bupati Alor, Amon Djobo, Wabup Manggarai Barat, Maria Geong. Hadir pula Bupati Manggarai Timur Yoseph Tote, Bupati Kupang Ayub Titu Eko, Bupati Sikka, Yoseph Ansar Parera, penjabat Pupati Lembata Piter Manuk, Plt Wali Kota Kupang Johanna Lisapaly, Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, Bupati Belu Wily Lay, Sekda Flotim Tonce Matutina dan Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu. (yon/yen/ant)

Ikuti kami di
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help