Mengintip Panorama ke Pulau Bawah Tarempa, Bagaimana Caranya?

Pulau Bawah adalah hidden gem di barat Indonesia yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Mengintip Panorama ke Pulau Bawah Tarempa, Bagaimana Caranya?
KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI
Panorama perairan Pulau Bawah di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Riau. 

POS KUPANG.COM, TAREMPA -- Pulau Bawah adalah hidden gem di barat Indonesia yang tak bisa dipandang sebelah mata. Menjadi bagian dari Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Bawah tengah 'disulap' menjadi resor yang ramah lingkungan dan berbasis konservasi.

Ada 37 bungalow yang terdiri dari Tent Villa dan Water Villa, serta beragam fasilitas lainnya seperti infinity pool, bar, perpustakaan, serta spa. Resor ini rencananya akan resmi dibuka pada April 2017. Ekosistem di Pulau Bawah dan sekitarnya masih sangat terjaga.

"Kepulauan Anambas merupakan kawasan konservasi sekaligus Taman Wisata Perairan (TWP). Resor di Pulau Bawah adalah contoh konsep ekowisata pertama yang diberlakukan di TWP," tutur Direktur Konservasi dan Pemberdayaan Masyarakat PT Pulau Bawah, Aji Sularso kepada awak media saat mengunjungi Pulau Bawah beberapa waktu lalu.

Soal keindahan alam, Pulau Bawah rasanya tak ada bandingannya. Situs berita CNN pernah menuliskan Anambas sebagai salah satu kepulauan tropis terindah di Asia. Pulau ini juga memiliki tiga laguna. Sebuah lanskap alam yang jarang ditemukan di pulau-pulau tropis dunia.

Pulau Bawah merupakan hutan bakau yang sangat alami, dan menjadi habitat biawak. Pada pagi hari, perairan di sekitar hutan bakau tersebut dilintasi banyak anak hiu.

Salah satu laguna, yang disebut sebagai 'sungai' karena bentuknya yang memanjang, menjadi habitat ikan pari. Saat snorkeling keesokan harinya, salah satu wartawan yang ikut dalam rombongan Media Trip Pulau Bawah melihat penyu di dekat dermaga.

Namun, berhubung resor ini sangat privat, tak semua orang bisa menginjakan kaki di Pulau Bawah. Hanya tamu dan para pekerja yang boleh datang ke sana.

Anda bisa menikmati perairan Pulau Bawah dan empat pulau di sekelilingnya secara cuma-cuma. Keempat pulau tak berpenghuni itu bernama Sanggah, Murbah, Lidi, dan yang terdekat dengan Pulau Bawah yakni Elang.

Pulau Bawah bisa diakses lewat jalur laut. Berangkat dari Tanjungpinang di Pulau Bintan, Anda bisa naik kapal feri menuju ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas yakni Tarempa. Kota ini terletak di Pulau Siantan.

Ada baiknya mengecek terlebih dahulu jadwal keberangkatan kapal. Kapal PELNI Bukit Raya misalnya, melayani rute Tanjungpinang-Tarempa namun hanya dua kali dalam sebulan. Perjalanannya mencapai 20 jam.

Namun jika menggunakan kapal biasa yang berangkat tiap hari dari Tanjungpinang, perjalanan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 jam. Begitu tiba di Tarempa, Anda harus mencarter kapal menuju Pulau Bawah dengan estimasi waktu tempuh 4-5 jam.

Begitu mendekati Pulau Bawah, kapal bisa melepas jangkar di perairan sekitarnya. Anda pun bisa snorkeling, atau sekadar menikmati keindahan pulau eksotis ini.

Direktur Komunikasi Penjualan dan Pemasaran PT Pulau Bawah, Bala Navaratnam mengatakan, Pulau Bawah bisa dikunjungi sepanjang tahun. Waktu KompasTravel berkunjung pada 26-27 November 2016, cuaca sangat cerah pada hari pertama namun diguyur hujan pada hari kedua.

Namun secara keseluruhan, Pulau Bawah adalah tempat yang tak boleh terlewat saat liburan ke Kepulauan Anambas. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help