Gempa Guncang Sumba Barat Daya Dirasakan hingga Sumba Tengah

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 23:05:19 Wita dengan kekuatan M=4.6 Skala Richter. Episenter terletak pada koordinat

Gempa Guncang Sumba Barat Daya Dirasakan hingga Sumba Tengah
net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Kemarin gempabumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya dan sekitarya.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 23:05:19 Wita dengan kekuatan M=4.6 Skala Richter. Episenter terletak pada koordinat 9.71 LS dan 118.90 BT, pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Kupang, Drs. Hasanudin, melalui ruang isu MKG Whatssapp, menyampaikan peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat di rasakan di daerah Kodi, Tambolaka, Sumba Tengah, Praiwoenga, dan Lewa dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (III-IV MMI).

Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak. Sampai saat ini, belum ada laporan adanya kerusakan akibat guncangan gembabumi tersebut.

Terkait dengan peristiwa gempabumi di Barat daya kabupaten Sumba Barat Daya yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 00.04 Wita, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Pulau Sumba di himbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Ditinjau dari kedalaman hiposensternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas patahan lokal," tuturnya.*

Ikuti kami di
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help