PosKupang/

Pater Amans Laka Suka Berkebun

Terinspirasi dari Kitab Suci tentang kisah penciptaan dari Kitab Kejadian dan inspirasi dari Ensiklik Sri Paus Fransiskus tentang "laudato si".

Pater Amans Laka Suka Berkebun
istimewa
Pater Amans Laka

SEBAGAI seorang misionaris SVD (Serikat Sabda Allah) yang memang berkharisma di bidang kategorial pendidikan, ia juga sangat suka berkebun dan hal-hal yang berbau ekologi. Hal ini terinspirasi dari Enseklik Sri Paus Fransikus tentang 'Laudato Si' yang memuat pandangan dan seruan Paus Fransiskus tentang pentingnya mengatasi perubahan iklim dan melindungi lingkungan hidup.

Paus menyatakan bahwa kerusakan yang terus-menerus dilakukan oleh manusia terhadap lingkungan sebagai satu tanda kecil dari krisis etika, budaya dan spiritual modernitas. Itulah spirit yang mendasari Pater Amans Laka, SVD, putra kelahiran Batu Putih-Kefamenanu, 14 Mei 1967 ini yang ingin agar bumi sebagi rumah manusia ini tetap hijau dan terpelihara. Ia suka berkebun dan di kebun ia menanam. Menanam apa saja yang penting menjadi hijau.

Pater Amans begitu akrabnya adalah sosok imam yang sangat rendah hati tetapi juga pekerja keras. Di tanah misi selain sebagai pastor paroki, ia juga menjadi ketua yayasan dan karena kecintaanya pada kebun ia membuka dua sekolah pertanian milik SVD (Serikat Sabda Allah) yakni St. Arnoldus Yansen dan Yosep Frainademez.

Ia mengatakan, berkebun atau ekologi terinspirasi dari Kitab Suci tentang kisah penciptaan dari Kitab Kejadian dan inspirasi dari Ensiklik Sri Paus Fransiskus tentang "laudato si".

Membangun sekolah pertanian karena ia ingin masa depan anak-anak muda Argentina khususnya dari kampung-kampung menjadi lebih baik. Alasan mendasarnya adalah supaya mereka terhindar dari narkoba dan alkohol dan setelah selesai studi di sekolah pertanian, mereka kembali ke kampungnya untuk mengolah lahan mereka yang subur dan sangat luas. Dan, memang terbukti di kampung mereka memiliki penghasilan yang sangat luar biasa. Selain itu, ia ingin menegakkan keadilan bagi anak-anak dari kampung.

"Ini tugas negara tapi saya berani ambil inisiatip dengan prinsip dasarku yaitu kebaikan melalui pertanian dan pendidikan dengan sendirinya menyebar. Lalu, cinta menyerahkan diri dan meluas lewat pertanian dan pendidikan," ujarnya.

Sebagai seorang pastor dan juga misionaris, ia ingin tetap bekerja dan bekerja untuk mengembangkan misi SVD yakni melakukan tugas perutusan "Hidupnya Hidup Kita, Perutusannya Perutusan Kita'. Teruslah berkarya Pater Amans. (nia)

DATA DIRI
Nama                  : Pater Amans Laka, SVD
TTL                       : Tanah Putih-Kefamenanu, 14 Mei 1967
Ayah                     : Bernadus Laka (alm)
Ibu                        : Arnoldina Bete Laka (alm)
Pendidikan :
SD                         : SDK Kefa I tahun 1974-1980
SMP                       : SMPK Maria Fatima Nurobo tahun 1980-1983
SMA                       : Seminari Lalian-Atambua
Novisiat                : Nenuk tahun 1987-1989
Seminari Tinggi  : STFK Ledalero tahun 1989-1995
Tahbis                   : 20 September 1995
Misi                        : Argentina (berbatasan dengan Brazil dan Paraguay tahun 1996 sebagai Pastor Paroki dan Ketua Yayasan (Representate Legal) Sekolah St. Arnoldus Yansen dan Yosep Frainademez dan Sekolah Republik Indonesia.

Penulis: apolonia_m_dhiu
Editor: sipri_seko
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help