PosKupang/

Coba Anda Datangi Tempat Ini, Ke Gunung Lawu Karanganyar Tak Hanya Mendaki

Jika Anda berkunjung ke Gunung Lawu, cobalah berkunjung juga ke berbagai obyek wisata di kaki gunungnya yang cukup bervariasi.

Coba Anda Datangi Tempat Ini, Ke Gunung Lawu Karanganyar Tak Hanya Mendaki
KOMPAS/LUSIANA INDRIASARI
Kabut di Candi Sukuh, lereng Gunung Lawu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 

POS KUPANG.COM, SURAKARTA -- Berwisata ke gunung biasanya yang terpikirkan hanyalah mendaki, panjat tebing atau berkemah di beberapa base camp-nya.

Jika Anda berkunjung ke Gunung Lawu, cobalah berkunjung juga ke berbagai obyek wisata di kaki gunungnya yang cukup bervariasi.

Berlokasi di antara Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Magetan, Jawa Timur, Gunung Lawu merupakan gunung ketiga tertinggi di Jawa Tengah.

Jika Anda berkunjung lewat jalur Karanganyar, Anda akan menemui beberapa obyek wisata berikut.

Candi Cetho berada di lereng Gunung Lawu dengan posisi 1.490 mdpl. Tepatnya di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Candi Sukuh dan Candi Cetho memiliki keunikan dibanding candi lain di Indonesia, keduanya memiliki bangunan menjulang tinggi seperti piramid. Bangunan dan patung-patungnya lebih mirip peninggalan khas candi pada masa peradaban bangsa Inca, suku Maya di Amerika Latin.

Tak hanya menikmati sejarah bangunan yang penuh arti, salah satu yang terkenal di Candi Cetho ialah panorama sunset-nya yang menawan. Cobalah Anda menunggu hingga matahari terbenam di kedua candi ini.

Untuk tiket masuk keduanya, Anda perlu membayar Rp 7.000. Candi buka sejak pagi, hingga sore hari saat matahari terbenam.

Bagi Anda yang senang dengan wisata adrenalin dan ingin mencari tempat berlibur di musim hujan, tampaknya Anda harus mencoba wisata kaki Gunung Lawu yang satu ini.

Bertempat di desa di Gadungan, Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar. Rute yang harus Anda tempuh hanya sekitar 45 menit dari Kota Surakarta, menuju Kabupaten Karanganyar atau Gunung Lawu.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help