Kakek 78 Tahun Juara Lomba Jalan Sehat

Seorang kakek berusia 78 tahun, Bertolomeus Gale menjuarai lomba jalan sehat kategori masyarakat yang diselenggarakan Panitia Hari Kesehatan Nasional

Kakek 78 Tahun Juara Lomba Jalan Sehat
POS KUPANG.COM/ROMOALDUS PIUS
Ilustrasi jalan sehat 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, BAJAWA -- Seorang kakek berusia 78 tahun, Bertolomeus Gale menjuarai lomba jalan sehat kategori masyarakat yang diselenggarakan Panitia Hari Kesehatan Nasional (HKN) Kabupaten Ngada, Sabtu (12/11/2016). Bertolomeus menjadi juara satu lomba jalan sehat setelah menempuh perjalanan tiga kilometer mulai dari pertigaan Boba hingga Kantor Desa Sada.

Saat lomba jalan sehat, Bertolomeus yang adalah warga Laja mengenakan sandal jepit bata, kain motif Bajawa dipadukan baju kaos. Dari 100 lebih peserta, kakek 78 tahun ini menembus sampai ke titik finis dan mengalahkan masyarakat yang lain. Sebagai sang juara, Bertolomeus mendapat hadiah payung dari panitia. Hadiah diserahkan Kepala Bidang PSDK Dinkes, Karelus Dhone.

Mentor Puskesmas Reformasi, Yohanes Donbosco Ponong mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Minggu (13/11/2016). Menurut Bosco, usai lomba, Bertolomeus menceritakan alasan sehingga ia ikut dalam lomba jalan sehat. Menurut Bertolomeus, kata Bosco, ia sejak kecil sudah terbiasa dengan jalan kaki ke kebun, ke pasar atau ke kampung tetangga.

Dari aktivitas jalan kaki itu membuat Bertolomeus terhindari dari beberapa jenis penyakit seperti asam urat. Meski sudah berusia 78 tahun, Bertolomeus masih kuat berjalan kaki. Pengalaman tersebut yang mendorong Bertolomeus untuk menjadi peserta lomba jalan sehat yang diselenggarakan panitia HKN. Selain itu, di usianya ke 78, Bertolomeus ingin menguji kemampuannya dalam hal berjalan kaki dan ternyata masih saja kuat. Bagi Bertolomeus, jalan santai merupakan olahraga ringan demi menjaga kesehatan.

Bosko mengatakan, dalam menyosong HKN ke 52 tingkat Kabupaten, panitia menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti jalan sehat, lomba cerdas cermat para petugas kesehatan dan misa syukur bersama. Kegiatan berpusat di Puskesmas Laja, Kecamatan Golewa Selatan. Puncak HKP akan terjadi Senin (14/11/2016). Acara jalan sehat dihadiri Camat Golewa Selatan, Wilibrodus Kaju, Sekretaris Dinkes Ngada, Yos Mawo dan ratusan petugas kesehatan yang diutus dari puskesmas-puskemas.*

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help