Nazaruddin Sebut Eks Menkeu Agus Martowardjojo Terima Uang Korupsi KTP Elektronik

Bekas anggota DPR RI Muhammad Nazaruddin mengatakan Menteri Keuangan 2010-2013 Agus Martowardjojo terlibat dalam penerapan pengadaan KTP elektronik ya

Nazaruddin Sebut Eks Menkeu Agus Martowardjojo Terima Uang Korupsi KTP Elektronik
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Mantan Bendahara Partai Demokrat M Nazaruddin (berkemeja putih) menjawab pertanyaan wartawan sebelum bersaksi dalam sidang terdakwa Dedi Kusdinar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (16/1/2014). Nazaruddin diperiksa terkait perannya dalam kasus korupsi proyek Hambalang yang melibatkan terdakwa Deddy Kusdinar. 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Bekas anggota DPR RI Muhammad Nazaruddin mengatakan Menteri Keuangan 2010-2013 Agus Martowardjojo terlibat dalam penerapan pengadaan KTP elektronik yang merugikan negara Rp 2 triiun.

Menurut Nazaruddin, proyek KTP tidak akan bisa terealisasi tanpa persetujuan dari Agus Martowadjojo karena proyek tersebut adalah proyek multiyears.

Nazaruddin mengataan, ada uang yang mengalir ke Agus setelah menggelar sejumlah pertemuan.

"Waktu itu kan ada pertemuan-pertemuan. Lalu Agus Marto mengeluarkan surat (persetujuan pengucuran dana). Lalu, ada (dana) yang mengalir ke Agus," kata  Nazaruddin usai diperiksa di KPK, Jakarta, Selasa (18/10/2016) malam.

Pertemuan yang dimaksud Nazaruddin adalah untuk memuluskan anggaran karena Menteri Keuangan sebelumnya, Sri Mulyani menolak untuk menyetujuinya untuk proyek tahun jamak.

Terpidana kasus korupsi Wisma Atlet itu mengatakan, pertemuan tersebut antara legislatif dengan eksekutif dan menyetujui anggaran untuk pengadaan e-KTP ‎dengan multiyears untuk tahun 2011-2012.

Selain uang yang mengalir ke Agus Martowardjojo, uang juga ditengarai mengalir ke sejumlah pejabat lainnya.

Antara lain  Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Djafar Hafsah, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Irman (saat menjabat) dan Menteri Dalam Negeri Gawawan Fauzi (saat menjabat).

"(Aliran dana) Ke Jafar Hafsah, Mendagri, ke Dirjennya, ke Kemenkeu. Yang penting banyak pihak," kata dia.

Agus Martowardjojo mangkir dari panggilan KPK. Dia tidak memenuhi panggilan KPK untuk bersaksi terhadap tersangka Irman.

Halaman
12
Editor: Alfred Dama
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help