RSU Prof Dr WZ Johannes Kupang Masih Kekurangan Obat Kanker

RSU Prof Dr WZ Johannes Kupang saat ini masih kekurangan obat kanker. Selain obat kanker juga ada beberapa obat lainnya yang juga masih k

RSU Prof Dr WZ Johannes Kupang Masih Kekurangan Obat Kanker

Laporan Wartawan Pos Kupang, Maksi Marho

POS KUPANG.COM, KUPANG -- RSU Prof Dr WZ Johannes Kupang saat ini masih kekurangan obat kanker. Selain obat kanker juga ada beberapa obat lainnya yang juga masih kekurangan.

Hal ini diakui Direktur RSU Prof Dr WZ Johannes Kupang, drg Domi Mere ketika ditemui di RSU tersebut, Selasa (18/10/2016) siang. Meski demikian, menurut Domi Mere, stok obat di RSU tersebut tidak sampai habis total.

Dikatakan Domi Mere, untuk mengatasi kekurangan stok obat, pihak RSU Prof Dr WZ Johannes Kupang telah memesan lagi obat baru. Selain itu, untuk antisipasi, pihak RSU juga bekerja sama meminjam obat dari RS Siloam Kupang.

Diakui Domi Mere, ketersediaan anggaran juga menjadi salah satu penyebab kekurangan stok obat tertentu di RSU Prof Dr WZ Johannes Kupang. Penyebab lainnya adalah sistem pembelian obat yang menggunakan e-katalog sehingga bila terjadi keterlambatan pembayaran, pihak perusahaan obat langsung mengunti pelayanan obat bagi rumah sakit yang terlambat membayar.

Karena itu, kata Domi Mere, pihaknya berharap PBF atau diatributor obat lokal bisa menyiapkan stok obat guna membantu menyuplai obat bagi kebutuhan rumah sakit di wilayah NTT. Pembenahan manajemen RSU Prof Dr WZ Johannes Kupang juga penting bagi ketersediaan obat yang selalu cukup meski di penghujung tahun anggaran.

Sebelumnya, persediaan obat di RSU Prof Dr WZ Johannes Kupang mengalami kelangkaan untuk jenis penyakit tertentu pada dua pekan lalu.

Sejumlah pihak termasuk Ombudsman NTT berharap, manajemen RSU tersebut serius dalam mengatasi masalah stok obat ini.*

Penulis: maksi_marho
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help