Tania Hermanus Suka Jai

Hanya mengikuti latihan sekitar tiga minggu, Tania Hermanus, bisa tampil bersama rekan-rekannya menari Ja'i Kreasi pada ajang Pentas Seni Gebyar 10 Ta

Tania Hermanus Suka Jai
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Tania Hermanus 

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Hanya mengikuti latihan sekitar tiga minggu, Tania Hermanus, bisa tampil bersama rekan-rekannya menari Ja'i Kreasi pada ajang Pentas Seni Gebyar 10 Tahun Fakultas Sains dan Teknik (FST) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Sabtu (8/10/2016).

Mahasiswi Semester I FST, Jurusan Biologi ini tampil bagus dalam lomba Ja'i Kreasi FST, meski hanya tiga minggu latihan.

Tania mengaku awalnya ia sulit mengikuti gerakan-gerakan variasi tarian ja'i. Namun, setelah tekun berlatih bersama teman-temannya, akhirnya Tania bisa tampil bagus ketika pentas.

Mengikuti tarian ja'i, tutur Tania, memotivasi dirinya untuk mengembangkan diri dalam kegiatan ekstra kurikuler kampus. "Kami dilatih oleh teman mahasiswi bernama Inggrid. Inggrid adalah penari di salah satu sanggar binaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Provinsi NTT," kata putri bungsu dari dua bersaudara pasangan J. Hermanus dan Yuliana Hermanus- Bessie.

Gadis kelahiran Atambua, Kabupaten Belu pada 14 November 1998, ini menuturkan, mengikuti tarian ja'i kreasi dapat mengembangkan diri dalam dunia seni di kampus.

"Saya dan teman-teman berusaha agar di mana kami tampil harus beri kesan yang baik kepada penonton. Ini bukan yang pertama saya ikut pentas, sudah sering tampil," ujarnya.

Sejak kecil Tania tidak begitu mengenal tarian ja'i, apalagi tarian ja'i baru kembali marak tahun 2000 an. Tetapi, setelah mengikuti latihan bersama teman-temannya di FST saat kegiatan ekstra kurikuler, Tania akhirnya suka ja'i, tarian khas Ngada.

Setelah tamat SDK Don Bosco 4 Kupang, Tania melanjutkan sekolah ke SMP Negeri 1 Kupang. Kemudian masuk SMA Negeri 1 Kupang. Setelah lulus dari SMA Negeri 1 Kupang, Tania melanjutkan studi di Undana Kupang pada Fakulas Sains dan Teknologi.

Di fakultas itu, selain menekuni bidang studi sesuai jurusannya, Tania juga mengembangkan kreativitasnya melalui wadah seni di FST Undana Kupang.

"Untuk tarian ja'i ini memang saya suka. Karena itu, ketika ada gebyar dan pentas seni ini, saya dan teman-teman latihan walau tidak lama, tapi kami bisa tampil bagus saat pentas," ujar Tania yang bercita-cita menjadi dosen. (yel)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved