Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Atambua Dampingi Florita Besin

Upaya Florita Besin untuk mendapatkan hak politiknya dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) Lasiolat, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu mendapat aten

Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Atambua Dampingi Florita Besin
edi bau
Ilustrasi: Sejumlah warga Lasiolat duduk di depan kantor DPRD Belu lantaran gagal menemui anggota dewan, Rabu (27/7/2016). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA -- Upaya Florita Besin untuk mendapatkan hak politiknya dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) Lasiolat, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu mendapat atensi dari Komisi Keadilan dan Perdamaian Atambua'>Keuskupan Atambua.

Ketua Komisi, Romo Paulus Nahak, pr ketika dihubungi Pos Kupang, Minggu (9/10/2016) sore mengatakan, sebagai bentuk perhatian dan kepedulian komisi keadilan dan perdamaian atas kasus yang dialami Florita Besin maka mereka siap melakukan pendampingan. Dia mengakui salah satu bentuk pendampingan antara lain telah melakukan pengaduan ke Ombudsman RI perwakilan NTT-NTB di Kupang.

Menurut Romo Paulus, yang menjadi pertimbangan komisi ini mendampingi Florita adalah terjadinya ketidakadilan.

"Pertimbangan kami adalah keadilan. Ada ketidakadilan telah menimpa ibu Florita. Karena pertimbangan bupati itu tidak berasalan jika merujuk pada Perda Belu nomor 6 tahun 2015 tentang Pilkades," tegasnya.

Dikatakannya, komisi melihat masalah itu bukan saja soal tidak diberikannya dua surat keterangan tetapi juga soal intervensi kekuasaan salah satunya melalui rapat penetapan calon kepala desa di ruang kerja Bupati.

Untuk diketahui, perjuangan Florita Besin untuk mendapatkan hak politiknya sebagai calon kepala desa dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Lasiolat tahun 2016 tidak main-main.

Setelah berjuang mendapatkan rekomendasi dari DPRD Belu dan dari Forum Komunikasi Pemerhati dan Perjuangan Hak-hak Perempuan (Forkom FP2HP), kini Florita melaporkan Bupati Belu, Willy Lay ke Ombudsman RI Perwakilan NTT-NTB.*

Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved