Berita Timor Rote Sabu

Disnak Bantu 680 Ternak Untuk Petani di Kupang

Dalam TA 2016 Pemkab Kupang melalu Kantor Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Kupang memberikan bantuan 680 ternak sapi

Disnak Bantu 680 Ternak Untuk Petani di Kupang
shutterstock
ilustrasi suntik injeksi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Julianus Akoit

POS KUPANG.COM, OELAMASI -- Dalam TA 2016 Pemkab Kupang melalu Kantor Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Kupang memberikan bantuan 680 ternak sapi, babi dan kambing bagi petani peternak di Kabupaten Kupang.

"Ada 680 ternak besar dan kecil, yaitu sapi, babi dan kambing. Bantuan ini untuk menanggapi proposal yang telah masuk. Bantuan ini untuk anggota kelompok tani. Jadi bukan bantuan untuk orang per orang," jelas Kadisnak Kabupaten Kupang, Ir. Obed Laha, Senin (26/9/2016).

Rinciannya, papar Laha, anakan babi ada 30 ekor bagi 5 kelompok peternak, masing-masing kelompok dapat 6 ekor yaitu 4 ekor babi betina dan 2 ekor babi jantan . Di Kecamatan Kupang Tengah 3 kelompok, Kupang Timur 1 kelompok dan Fatuleu 1 kelompok.

Selanjutnya, kata Laha, bantuan ternak kambing berjumlah 120 ekor dengan rincian 20 ekor kambing jantan etawa dan sisa 100 ekor kambing jenis lokal. Ada 20 kelompok peternak yang dapat bantuan ternak kambing, yakni masing-masing mendapat 1 ekor kambing jantan etawa dan 5 ekor kambing betina lokal.

"Kami beri bantuan kambing jantan etawa untuk perbaikan genetik tubuh kambing kita di Kabupaten Kupang," jelas Laha soal alasan memberi bantuan kambing pejantan etawa.

Sedangkan bantuan ternak sapi berjumlah 530 ekor untuk 53 kelompok yang tersebar di Amarasi, Fatuleu, Kupang Tengah dan Kupang Timur. Masing-masing kelompok mendapat 10 ekor sapi betina. Tidak ada sapi pejantan.

"Bantuan ini untuk meningkatkan jumlah populasi sapi betina produktif. Pengembangbiakan menggunakan kawin suntik atau inseminasi buatan," pungkas Laha. (*)

Penulis: Julius Akoit
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved