PON XIX 2016 Jabar

Perenang Tuan Rumah Raina Saumi Raih Emas Pertama

Saumi meraih finis terdepan pada final nomor 400 meter gaya bebas perorangan putri sekaligus mengalahkan seniornya yang pindah dari Jabar ke Jawa Timu

Perenang Tuan Rumah Raina Saumi Raih Emas Pertama
(ANTARA /Novrian Arbi) ()
Pengibaran Bendera Kontingen PON Jabar. Pasukan pengibar bendera menaikan bendera kontingen PON XIX 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/9/2016). Sebanyak 34 bendera kontingen daerah telah dikibarkan sebagai simbol kesiapan daerah tersebut berpartisipasi di PON XIX 2016 yang secara resmi dibuka pada Sabtu (17/9/2016).

POS KUPANG.COM - Perenang putri tuan rumah Jawa Barat Raina Saumi Gahana meraih medali emas pertama cabang renang PON XIX/2016 Jawa Barat di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung, Rabu.

Saumi meraih finis terdepan pada final nomor 400 meter gaya bebas perorangan putri sekaligus mengalahkan seniornya yang pindah dari Jabar ke Jawa Timur Ressa Kania Dewi.

Raina Saumi mencatat waktu 4 menit 21,23 detik finish di depan Ressa Kania Dewi yang mencatat waktu 4 menit 21,32 detik. Perunggu diraih oleh Azahara Permatahani (Riau) 4 menit 26,23 detik.

Perenang andalan Jabar itu mampu membuyarkan harapan Jatim untuk menggebrak meraih emas pertamanya pada nomor itu. Meski demikian persaingan antara dua perenang yang sempat satu daerah itu berlangsung ketat bahkan saling menyusul, namun pada 100 meter terakhir Raina lebih unggul.

Emas pertama disambut suka cita oleh supporter Jawa Barat yang dimotori oleh para prajurit dari Kodam III Siliwangi yang terus menggelorakan semangat "Jabar Kahiji" atau Jabar Juara Umum.

Sebaliknya supporter Jatim yang berkostum hijau-hijau terdiam dengan hasil yang diraih perenang andalannya itu.

Arena renang di Kolam Renang UPI menjadi semarak dan penuh dengan yel-yel untuk mendukung atlet tuan rumah. Keberhasilan Raina meraih emas pertama Jabar dari arena renang itu akhirnya menjadi puncak dari pesta pada hari pertama PON dari kubu Jabar.

Sukacita Jawa Barat berlanjut pada nomor 400 meter gaya bebas setelah andalan lainnya A Fadlan Prawira dan Rizky Anggawijaya meraih emas dan perak. Pada final nomor itu yang diikuti delapan perenang, A Fadlan jauh memimpin dengan catatan waktu empat menit 15,75 detik.

Ricky Anggawijaya yang meraih perak finish di peringkat kedua dengan catatan waktu empat menit 39,98 detik serta perunggu diraih Putra M Randa dari DKI Jakarta dengan catatan waktu 4 menit, 56,93 detik.

Namun demikian catatan waktu dari dua final itu belum memecahkan rekor baik nasional maupun PON.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved