Nurfatika Harumkan Shoto Kai Raih Medali Perak di Swiss

Nurfatika, lanjutnya, merupakan peraih medali emas di ajang O2SN, sehingga berhak mewakili Indonesia dalam kejuaraan tersebut.

Nurfatika Harumkan Shoto Kai Raih Medali Perak di Swiss
ist
PELATIHAN - KABID Binpres PB Forki, Zulkarnain Purba dan High Performance Director, Prof. Dr. Frans Nurseto, menyerahkan pakaian Timnas Karate kepada Ketua PB Shoto-Kai, Selasa (5/4/2016). 

POS KUPANG.COM, KUPANG - Karateka asal Sulawesi Barat (Sulbar), Nurfatika Arsani Puang Kuma, berhasil mengharumkan nama Indonesia, setelah berhasil meraih medali perak dalam International Basel Open Master 2016 di Basel-Swiss 10 September 2016. Prestasi ini sekaligus menjadi bukti prestasi Perguruan Shoto Kai di level internasional.

Demikian diungkapkan Ketua PB Shoto Kai, Sihang Kancho Fransiscus Fernando, Senin (12/9/2016). Sebelum berangkat ke Swiss, Nurfatika yang saat ini duduk di kelas 3 SMP Polewali ini, jelasnya, selama lima haru sempat menjalani latihan di Hombu Dojo Shoto-Kai Sikumana. bersama Sensei asal Jepang, Mai Shina.

Dijelaskannya, International Basel Open Master 2016 merupakan kejuaraan dunia karate kategori kadet. Para atlet yang mengikutinya adalah juara nasional O2SN SMP cabang olahraga karate yang di gelar di Jakarta beberapa waktu lalu.

Nurfatika, lanjutnya, merupakan peraih medali emas di ajang O2SN, sehingga berhak mewakili Indonesia dalam kejuaraan tersebut. Di International Basel Open Master 2016, ujarnya, Nurfatika yang lahir pada tanggal 9 Agustus 2016 turun bertanding di nomor kumite putri kelas -47 kg. Selain Nurfatika, Indonesia juga mengirimkan lima karatekan lainnya.

Keberhasilan Nurfatika ini lanjut Kancho Frans tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Shoto Kai. "Prestasi ini diharapkan menjadi motivasi bagi para karateka Shoto Kai lainnya. Mereka harus berlatih lebih tekun dan bisa berprestasi, terutama karateka asal NTT," kata Sihang Kanco Frans.

Baginya, NTT memiliki atlet-atlet potensial yang tidak kalah dibandingkan karateka dari daerah lainnya termasuk Sulbar, asal mau berlatih dengan baik dan tekun untuk mengembangkan kemampuannya. PB Shoto Kai sendiri lanjutnya, akan terus menggalakan program pencarian bibit atlet yang nantinya akan dibina di Hombu Dojo Shoto Kai Sikumana. (eko)

Penulis: Sipri Seko
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help