Camat Malaka Tengah Siap Tertibkan Ternak Liar

Pihak kecamatan malaka tengah akan menggandeng Polsek Malaka Tengah dan Satpol PP untuk melakukan penertiban hewan di kota betun.

Camat Malaka Tengah Siap Tertibkan Ternak Liar
Rushlane.com S
Ilustrasi: sapi di jalanan umum 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Dion Kota

POS KUPANG.COM, BETUN -- Pihak kecamatan malaka tengah akan menggandeng Polsek Malaka Tengah dan Satpol PP untuk melakukan penertiban hewan di kota betun.

Penertiban ini dilakukan menyusul adanya perintah bupati untuk menertibkan ternakkan yang berkeliaran di kota betun.

Hal ini diungkapkan camat malaka tengah, Eduardus Atok saat ditemui pos kupang, Jumat (2/9/2016) di ruang kerjanya.

Atok mengatakan sudah melakukan rapat koordinasiiga desa yang masuk dalam wilayah kota betun.

Selanjutnya, pihaknya memberikan waktu kepada aparatur desa untuk memberikan sosialisasi terkait penertiban hewan kepada warganya hingga tanggal 10 September mendatang.

" Saya sudah mengadakan rapat koordinasi dengan kepala desa wehali, umakatahan dan kamanasa terkait penertiban hewan ini. Selanjutnya, kita memberikan kesempatan kepada apartur desa, mulai dari kepala desa hingga ketua RT untuk mensosialisasikan terkait penertiban hewan peliharaan kepada masyarakatnya hingga tanggal 10 Agustus. Mulai tanggal 11 sampai 14 Agustus, saya bersama Kapolsek dan Satpol PP akan mengadakan sosialisasi keliling ke desa-desa untuk terkait penertiban ternak peliharaan," ungkap Atok.

Pada tanggal 15 Agustus dikatakan Atok, pihaknya bersama Polsek Malaka Tengah dan Satpol PP akan melakukan penertiban.

Hewan ternak yang berkeliaran di kota betun akan ditangkap dan diamankan. Setelah itu, pihaknya akan memanggil pemiliknya untuk membuat surat peringatan. Jika tertangkap lagi, maka hewa ternak warga akan langsung ditombak.

"Kita ingin menciptakan kota betun yang benar-benar bersuasana kota. Tidak seperti di desa. Hewan ternak harus dikandangkan agar kota betun bisa tertib dan bersih. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi seluruh warga kota betun maupun pendatang," ujarnya.

Selain menertibkan hewan, dijelaskan Atok, pihaknya juga memberikan himbauan kepada seluruh warga malaka tengah untuk menjaga kebersihan pekarangan rumahnya. Dirinberharap masyarakat bisa tertib dalam membuang sampah agar tidak bertebaran di kota betun.

" Kita juga sudah berkoordinasi dengan apartur desa untuk menghimbau masyarakat agar tertib membuang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini dimaksud untuk menata kota betun agar menjadi lebih bersih sekaligus mencegah perkembangbiakkan virus dan bakteri," ujar pria berkulit hitam manis ini.

Pantauan pos kupang, nampak hewan terbak seperti kambing dan babi masih berkeliaran bebas di kota betun. Beberapa babi nampak sibuk membongkar tempat sampah untuk mencari sisa-sisa makanan. Akibat ternak yang dipelihara secara liar ini, para pengendara kendaraan bermotor harus ekstra hati-hati karena sewaktu-waktu ternak liar tersebut menyebrang jalan dengan tiba-tiba.*

Penulis: Dion Kota
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved