Para Guru di Kota Kupang Ikut Literasi Keuangan

Tujuannya agar dapat memahami dengan baik tugas dan fungsi OJK dan industri jasa keuangan beserta produknya.

Para Guru di Kota Kupang Ikut Literasi Keuangan
POS KUPANG/YENI RAHMAWATI TOHRI
Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Jerhans Ledoh menyerahkan hadiah berupa piala dan sertifikat kepada SMP Kristen Citra Bangsa sebagai juara satu lomba mading tingkat SMP di Swiss Belinn Kristal Hotel Kupang, Selasa (30/8/2016). 

POS KUPANG.COM, KUPANG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan NTT memberikan literasi atau pemahaman keuangan terutama tentang tugas dan fungsi OJK serta industri jasa keuangan kepada para guru di Kota Kupang. Kegiatan ini diikuti oleh 113 guru SMP dan SMA/SMK.

Kegiatan ini  dibuka oleh Asisten II Setda Kota Kupang, Drs. Djamal Mila Meha di Tablolong Room, Swiss Belinn Kristal Hotel, Selasa (30/8/2016).

Jamal yang membacakan sambutan walikota mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam rangka memberikan pembekalan kepada guru-guru SMP dan SMA sederajat.

Tujuannya agar dapat memahami dengan baik tugas dan fungsi OJK dan industri jasa keuangan beserta produknya. Selanjutnya dapat diajarkan kembali kepada anak didik masing-masing.

Ia berharap agar peserta tidak memandang kegiatan hanya formalitas semata. Tetapi, harus menjadikannya sebagai kesempatan peningkatan wawasan OJK yang telah dimasukkan di dalam kurikulum 2013.

Pada kegiatan ToT ini, OJK juga melibatkan 15 LJK (Lembaga Jasa Keuangan) untuk memanfaatkan kesempatan dengan menyediakan booth atupun meja layanan, sehingga para guru dan murid dapat bertanya, mencari informasi, atau berkonsultasi mengenai produk dan manfaat produk LJK.

Kasubbag Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK NTT, Kunto Hari Wibowo menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembekalan dan peningkatan pemahaman guru terhadap materi mengenal OJK dan industri jasa keuangan.

Pada kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Jerhans Ledoh diumumkan pemenang lomba Mading Edukasi (MADU), kompetisi yang diikuti oleh 50 sekolah baik SMP dan SMA dalam rangka memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

Tampil sebagai narasumber pada kegiatan ToT, yaitu Pengenalan OJK dari Pengawas Junior OJK NTT, Marshall Hani Purwanto, Pengenalan Perbankan dari Pemimpin Cabang BRI KC Kupang, Kusdinar Wiraputra, Pengenalan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) yang dibawakan Kepala Bagian Statistik dan Informasi Lembaga Jasa Keuangan Khusus dan Jasa Penunjang IKNB, Direktorat Statistik dan Informasi IKNB OJK Jakarta, Budi Marsanto dan Pengenalan Pasar Modal oleh Staf OJK NTT, Abu Abadi Sarewa.

OJK Provinsi NTT juga melibatkan Lembaga Jasa Keuangan yang ada di Kota Kupang, yaitu PT Pegadaian, PT BFI Finance Indonesia Tbk, Asuransi Wahana Tata, Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), Asuransi Tripakarta, PT Panin Bank Tbk, PT Maybank Tbk, Federal Indonesia Finance (FIF), PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) Tbk, PT Bank Bukopin Tbk, Bumi Putra Muda (Bumida) 1912, PT Bank Artha Graha Tbk, PT BPR Pitoby, Jasa Rahaja Putera, PT BPR Tanaoba Lais Manekat (TLM), PT BPR Sari Dinarkencana, PT Bank Syariah Mandiri Tbk, PT Asuransi Kredit Daerah (Askrida), PT Jaminan Kredit Daerah. (yen)

PEMENANG LOMBA MADING
Juara I SMP Kristen Citra Bangsa
Juara II SMP K St Theresia
juara III SMP N 7 Kupang
Juara IV SMP N 3 Kupang

Juara I SMA Semanari St Rafael
Juara II SMA Kristen Citra Bangsa
Juara III SMA N 7 Kupang
Juara IV SMK Swasti Sari

Editor: Paul Burin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved