Kementerian PU Mulai Lelang Dini Oktober 2016

Targetnya, lelang dini ini bisa mempercepat pelaksanaan proyek infrastruktur pada tahun anggaran 2017.

Kementerian PU Mulai Lelang Dini Oktober 2016
Antara
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Laporan Wartawan Kotan, Handoyo

POS KUPANG. COM, JAKARTA - Kementerian Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan kembali menggelar lelang dini untuk proyek infrastruktur yang akan digarap tahun depan. Targetnya, lelang dini ini bisa mempercepat pelaksanaan proyek infrastruktur pada tahun anggaran 2017.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, proses lelang dini untuk proyek infrastruktur awal tahun depan digelar mulai Oktober 2016. "Lelang dini tahun 2017 akan dilakukan mulai Oktober, November, Desember," katanya, Selasa (30/8).

Nilai proyek yang akan dilelang dini pada tiga bulan terakhir tahun 2016 diperkirakan mencapai Rp 28 triliun.

Catatan saja, pada tahun 2017 Kementerian PU-Pera mendapat anggaran Rp 105,6 triliun. Dari jumlah itu, alokasi anggaran untuk belanja modal Rp 82 triliun, terdiri dari anggaran untuk pembayaran proyek tahun jamak (multiyears contract) Rp 26 triliun dan sisanya sebesar Rp 56 triliun adalah proyek single year.

Bila melihat porsi alokasi anggarannya, sebagian besar anggaran akan terfokus di empat direktorat. Keempat direktorat itu ialah Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Ditjen Sumber Daya Air, Ditjen Cipta Karya dan Ditjen Penyediaan Perumahan.

Dukung proyek prioritas
Sekretaris Jenderal Kementerian PU-Pera Taufik Widjoyono menambahkan, proyek infrastruktur tahun 2017 yang akan dilelang dini di akhir tahun ini mayoritas adalah proyek pembangunan jalan, irigasi, bendungan, embung dan proyek penanganan banjir. Proyek ini merupakan proyek infrastruktur yang menjadi fokus kementerian untuk mendukung proyek prioritas pemerintah di tahun ini.

Hingga kini, realisasi penyerapan anggaran proyek infrastruktur 2016 sebesar 44% dari pagu anggaran. Sedangkan pembangunan fisiknya sudah 54%. Targetnya, hingga akhir tahun serapan anggaran mencapai 93% dari pagunya. (kontan)

Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved