Berjasa Hidupkan Pramuka, Megawati Dianggap Layak Dapat Penghargaan

Pada Sabtu (20/8/2016) besok, Megawati akan mendapatkan gelar Tunas Kencana yang merupakan gelar tertinggi dalam dunia pramuka.


POS KUPANG.COM, JAKARTA--Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan layak mendapatkan penghargaan tertinggi dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka atas jasa-jasanya yang menghidupkan kembali Pramuka.

Pada Sabtu (20/8/2016) besok, Megawati akan mendapatkan gelar Tunas Kencana yang merupakan gelar tertinggi dalam dunia pramuka.

"Ibu Megawati ketika Presiden, berpandangan bahwa Pramuka memiliki roh nasionalisme tinggi sehingga ketika banyak orang mulai meninggalkan Pramuka karena dianggap tidak sesuai lagi dengan zamannya. Tapi Beliau malah mendorong Gerakan Pramuka untuk terus dikembangkan," kata Hasto Kristiyanto, di Bumi Perkemahan Pramuk, Cibubur, Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Menurut dia, saat menjabat Presiden, Megawati membentuk nota kesepahaman (MoU) antarkementerian untuk menyukseskan Gerakan Pramuka, yang menjadi cikal bakal revitalisasi Pramuka ini.

(Baca: Sabtu, Megawati Terima Gelar Tunas Kencana dari Pramuka)

Dari gagasan dan gerakan yang dilakukan Megawati, kata dia, kemudian dibuat rancangan undang-undang (RUU) tentang Pramuka yang saat ini menjadi UU No 12 tahun 2010.

Setelah UU Pramuka diundangkan dan kegiatan Pramuka kembali aktif, anbyak lembaga-lembaga yang mendukung Pramuka, termasuk partai-partai politik.

"Ibu Megawati menaruh perhatian besar pada gerakan Pramuka, sehingga pantas jika Kwarnas Gerakan Pramuka memberikan penghargaan tertinggi," kata Hasto.

Hasto juga mengatakan, ketika masih anak-anak, Megawati sudah aktif di kepanduanatau Pramuka.

Halaman
12
Editor: Hyeron Modo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help