Penuturan Suhendro, Petugas yang Memandikan Terpidana Mati

Cerita dibalik eksekusi mati para terpidana mati turut dirasakan Suhendro Putro (62), pria yang bertugas memandikan jenazah para terpidana.

Penuturan Suhendro, Petugas yang Memandikan Terpidana Mati
tribunjateng/adi prianggoro
Sebanyak 17 unit mobil ambulance datang ke Pelabuhan Wijaya Pura, Cilacap, yang menjadi akses ke Pulau Nusakambangan, Rabu (28/07/2016) pagi. 

POS KUPANG.COM, CILACAP -- Cerita dibalik eksekusi mati para terpidana mati turut dirasakan Suhendro Putro (62), pria yang bertugas memandikan jenazah para terpidana.

Pria yang sudah sejak 1992 bertugas memandikan jenazah ini turut dipanggil menjelang eksekusi 14 terpidana mati di Nusakambangan.

"Saya diminta kumpul di Polres Cilacap Kamis malam pukul 20.00 WIB lalu berangkat bareng‑bareng ke Nusakambangan," kata Suhendro kepada Tribunnews, Kamis (28/7/2016).

Karena itulah diyakini bahwa para terpidana mati dieksekusi pada Kamis Pon malam atau Jumat (29/7/2016) Kliwon dinihari.

Suhendro menyatakan dirinya sedianya bertugas memandikan 10 jenazah dari total 14 terpidana yang dieksekusi mati, meski dalam eksekusi Jumat dinihari tadi baru empat terpidana yang dieksekusi.

Kesepuluh terpidana mati yang harus dimandikan Suhendro adalah tujuh terpidana beragama Kristen dan tiga terpidana beragama Katolik.

"Yang memandikan jenazah dari Kristen 11 orang dan Katolik ada enam orang," ungkap jemaat Gereja Kristen Jawa (GKJ) Cilacap tersebut.

Suhendro menceritakan waktu untuk memandikan satu jenazah sekitar 60 menit.

“Proses memandikan jenazah itu panjang. Setelah (terpidana) ditembak, harus dipastikan dulu sudah meninggal atau belum lalu dijahit lukanya, dimandikan, dipakaikan baju," terangnya.

Suhendro bukan kali pertama memandikan jenazah terpidana mati. Pada eksekusi tahap pertama, Suhendro memandikan lima jenazah terpidana dan pada eksekusi mati tahap kedua memandikan tujuh jenazah.

Halaman
123
Editor: Alfred Dama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help