Marc Marquez : Saya Mengambil Banyak Risiko

Marc Marquez, meraih kemenangan ketujuh secara beruntun di Sachsenring setelah finis di urutan pertama

Marc Marquez : Saya Mengambil Banyak Risiko
ROBERT MICHAEL/AFP PHOTO
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, mengangkat trofi juara setelah finis di urutan pertama pada GP Jerman di Sachsenring, Minggu (17/7/2016). 

POS KUPANG.COM, SACHSENRING -- Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, meraih kemenangan ketujuh secara beruntun di Sachsenring setelah finis di urutan pertama pada balapan GP Jerman, Minggu (17/7/2016).

Dia sempat keluar lintasan, tetapi bisa bertahan. Marquez juga mengambil beberapa risiko yang akhirnya mengantarnya ke podium tertinggi.

Marquez mengaku melakukan kesalahan dalam memilih ban depan pada bagian pertama balapan ketika lintasan masih sangat basah.

Marquez yang semula akan memakai ban soft, berubah memakai ban extra-soft.

"Ketika melihat Valentino (Rossi), Jorge (Lorenzo), dan Dani (Pedrosa) memakai ban extra-soft, pada saat-saat terakhir saya berganti ban extra-soft yang ternyata sangat tidak cocok dengan gaya balap saya," aku Marquez.

Marquez kesulitan dan sempat melebar saat melewati tikungan 8 pada lap ke-11. Namun, dia berhasil bertahan dan melanjutkan balapan.

"Lalu saya melihat lintasan mulai mengering, yang berarti balapan akan flag-to-flag. Mencari waktu terbaik untuk ganti motor selalu menjadi pertanyaan besar bagi pebalap," kata pebalap 23 tahun tersebut.

"Lalu saya memutuskan berganti motor. Saya mengambil risiko karena melakukannya ketika posisi saya jauh dari posisi di depan," ujarnya menjelaskan.

Marquez mengaku sempat mengalami kesulitan pada putaran awal setelah berganti motor. Dia melakukannya terlalu awal karena tikungan 1, 3, dan 9 masih basah.

"Saya mengambil banyak risiko karena pada putaran-putaran awal (dengan motor kedua) karena jalur yang kering masih sempit. Namun, saya mulai mendapatkan feeling dengan motor," ucap pemilik dua gelar juara dunia kelas premier tersebut.

Marquez mengaku sempat tidak tahu di mana posisinya saat balapan karena banyaknya perubahan.

"Pada satu lap saya berada di posisi keempat (P4). Lalu saya melihat P1+20 detik. Setelah itu saya hanya menjaga jarak," ujarnya lagi.

Dengan tambahan 25 poin yang didapat di Sachsenring, Marquez makin kuat memimpin klasemen sementara dengan 170 poin, unggul 48 angka atas Lorenzo yang menempati posisi kedua. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved