PosKupang/

Pengamanan Bandara El Tari Kupang Diperketat

Danlanud El Tari, Kolonel Pnb Yorry S. Koloay memimpin langsung apel kesiapan pasukan Satuan Tugas PAM Bandara dalam rangka pengamanan Bandara El Tari

Pengamanan Bandara El Tari Kupang Diperketat
POS KUPANG/MAKSI MARHO
Danlanud El Tari, Kolonel Pnb Yorry S. Koloay 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Maksi Marho

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Danlanud El Tari, Kolonel Pnb Yorry S. Koloay memimpin langsung apel kesiapan pasukan Satuan Tugas PAM Bandara dalam rangka pengamanan Bandara El Tari Kupang, Sabtu (2/7/2016) sore.

Pengamanan bandara El Tari Kupang ditingkatkan sesuai instruksi Panglima NTT dan Mentri Perhubungan RI.

"Apel kesiapan pasukan Satuan Tugas PAM Bandara ini dalam rangka pengamanan bandara- bandara internasional. Bandara El Tari merupakan salah satu bandara internasional juga. Pengamanan bandara ini mengantisipasi beberapa kejadian teror yang terjadi di bandara-bandara internasional. Dimana kejadian terakhir di bandara Istambul Turki. Sehingga istruksi dari kepala negara, menhub dan panglima TNI supaya kita melakukan pengamanan bandara terutama bandara bertaraf internasional," kata Danlanud El Tari, Kolonel Pnb Yorry S. Koloay kepada wartawan.

Menurut Yorry, Danlanud El Tari bertindak sebagai komandan Satgas PAM bandara bersama unsur terkait di wilayah, baik dari unsur TNI dan Polri serta PT Angkasa Pura Angkasa Pura dan Basarnas. Tujuannya kesiapan pasukan Satgas PAM bandara adalah untuk menciptakan keamanan terutama di obyek-obyek vital bandara. Sehingga memberi kepastian bahwa Indonesia memang aman untuk dikunjungi di mata dunia.

Kegiatan pengamanan bandara El Tari ini, kata Yorry, sekaligus dalam rangka hari raya Idul Fitri karena dilaksanakan bertepatan dengan berlangsungnya hari raya. Sehingga memberi kenyamanan kepada umat muslim yang hendak melakukan perjalanan mudik melalui bandara El Tari Kupang.

"Untuk kegiatan pengamanan sudah disiapkan rencana kegiatan atau konsep operasinya. Sudah kita paparkan bersama dengan Angkasa Pura dan instansi terkait. Yang lebih detailnya dengan komandan-komandan tim. Sehingga seluruh wilayah bandara bisa terkafer semua," kata Yorry.

Dijelaskan Yorry, kesiapan pasukan Satuan Tugas PAM Bandara dalam rangka pengamanan Bandara El Tari Kupang terdiri dari 38 personil prajurit TNI AU, 10 prajurit TNI AL dari Lanudal Kupang, sejumlah anggota Polri, sekuriti bandara dan Basarnas Kupang.

Selain itu, kata Yorry, juga disiapkan pasukan cadangan sebanyak 101 prajurit TNI AU, 100 prajurit TNI AD dari Brigif 21/Komodo, prajurit TNI AD dari Korem 161/Wira Sakti dan satuan setingkat kompi dari Brimobda NTT.

"Apabila terjadi kondisi yang lebih rawan maka akan diperkuat oleh pasukan cadangan. Bandara El Tari merupakan simbol pintu masuk wilayah NTT, tetapi juga merupakan bandara Internasional. Kalau pengamatan dan observasi terhadap orang dan barang di bandara sesuai SOP bandara. Dengan penggelaran ini diharapkan bisa mencegah dan mendeteksi awal potensi ancaman yang dapat terjadi, baik oleh perorangan atau kelompok tertentu yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu keamanan," kata Yorry.

Sementara Kepala Bandara El tari Kupang, Wahyudi menambahkan, standarisasi security bandara El Tari sudah sesuai aturan Organisasi Penerbangan Sipil Dunia. Bandara El Tari bekerja sama dengan TNI saat ini untuk pengamanan secara utuh bandara kita terkait adanya teror bom di bandara-bandara internasional, supaya secara nasional dapat dipastikan bahwa seluruh bandara aman termasuk bandara El Tari Kupang.

"Pengamanan akan dilakukan 1 x 24 jam baik di sisi darat maupun di sisi udara. Akan ada empat pos dan masing-masing pos punya tanggung jawab yang berbeda. Koordinasi dengan pihak maskapai juga sudah dilakukan. Semua pengguna jasa bandara sudah mengetahui," kata Wahyudi. *

Penulis: maksi_marho
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help