Pantura Flores dan Masa Depan Ekonomi Kawasan

Melihat wilayah NTT yang berpulau-pulau tentu pembangunan transportasi laut memiliki posisi yang strategis.

Pantura Flores dan Masa Depan Ekonomi Kawasan
Net
Flores

POS KUPANG.COM - Wilayah Nusa Tenggara Tumur yang berpulau-pulau tentunya memiliki karakteristik tersendiri dalam pembangunan. Tentunya konsep pembangunan dengan mengutamakan transportasi harus menjadi perhatian utama, baik darat, laut maupun udara.

Melihat wilayah NTT yang berpulau-pulau tentu pembangunan transportasi laut memiliki posisi yang strategis. Artinya, hubungan antar pulau dengan fasilitas kapal dan pelabuhan yang memadai sangat dibutuhkan untuk daerah seperti NTT ini.

Kita sadar bahawa Pulau Flores khususnya bagian utara secara geografis sangat strategis karena berada dalam satu jalur lurus dengan kota-kota yang memiliki pelabuhan besar di NTT, antara lain Jakarta, Semarang dan Surabaya serta berhadapan langsung dengan pelabuhan besar di Pulau Kalimantan dan Sulawesi, namun hingga kini keberadaan dan pemanfaatan letak strategis tersebut masih pada taraf perdagangan kebutuhan pokok.

Hal ini karena belum adanya akses transportasi baik berupa jalan yang memadai, pelabuhan yang bisa digunakan oleh kapal-kapal berukuran besar dan sarana transportasi laut seperti kapal penumpang maupun kapal barang.

Kita sadar pembangunan di utara Flores sebenarnya sudah dimulai sejak Provinsi NTT berdiri bahkan sejak Indonesia merdeka, namun masih banyak wilayah di utara Flores yang belum menikmati letak geografis yang strategis tersebut.
Kondisi inilah yang mendorong masyarakat khususnya di utara Flores Timur mendesak pemerintah membangun pelabuhan yang layak.

Permintaan masyarakat di sepanjang pesisir utara Kabupaten Flores Timur agar membangun pelabuhan tentu sangat beralasan, sebab selama ini masyarakat cenderung menjual hasil pertanian mereka ke Kota Maumere, Kabupaten Sikka.

Pengusaha Maumere dinilai masyarakat memberikan harga beli hasil bumi lebih menguntungkan kepada masyarakat. Para pengusaha asal Maumere bahkan ada yang datang melalui laut dengan perahu motor. Padahal di wilayah Pantura Flotim belum ada pelabuhan laut.

Karena itu warga setempat yakin jika di Pantura Flotim dibangun satu pelabuhan laut, maka geliat perekonomian masyarakat setempat akan semakin baik di masa depan.
Wilayah Pantura Flotim kaya akan potensi mete, kelapa dan pisang. Tiga hasil pertanian ini semuanya diborong pengusaha asal Kota Maumere.

Secara umum wilayah Pantura Flores belum mendapat perhatian. Misalnya jalan darat di Pantura Flores dari Maumere hingga Mbay bahkan terus ke wilayah Manggarai raya mendapat perhatian, padahal wilayah utara tersebut memiliki potensi pertanian, peternakan hingga perdagangan yang menjanjikan.

Bila saja pemerintah punya prioritas untuk wilayah utara Flores, tentu akan mendorong perkemangan ekonomi kawasan bukan saja di NTT, tetapi akan meluas ke wilayah lain di luar NTT.
Kita berharap pantai utara Flores bisa menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah ini untuk memulai sesuatu yang bisa mendorong perekonomian warga.

Membuka akses transportasi ke wilayah-wilayah di utara Flores tentu saja juga akan membuka akses kunjungan wisata di wilayah tersebut yang selama ini belum terjamah.*

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help