Lomba di Smater Lewoleba, Hadiah Kambing Jantan

Ini merupakan kegiatan tahunan yang kami laksanakan di sekolah ini. Kalau tahun lalu, acaranya memang sama seperti tahun ini.

Lomba di Smater Lewoleba, Hadiah Kambing Jantan
POS KUPANG/FRANS KROWIN
Kepala SMA Frater Don Bosco Lewoleba, Lembata, Frater Nisensius Metty, CMM (ketiga dari kiri) saat pose bersama siswa didik di halaman sekolah, Kamis (16/6/2016) pagi. 

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA - Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Frater (Smater) Don Bosco Lewoleba, menggelar aneka lomba sebelum para siswa sekolah menerima buku laporan pendidikan dan menjalani masa liburan sekolah tahun 2016. Uniknya, lomba antarkelas tersebut memperbutkan hadiah seekor kambing jantan.

Hal tersebut disampaikan Pembina Osis SMA Frater Don Bosco (Smater) Lewoleba, Pilipus Kapitan, ketika ditemui Pos Kupang di sela-sela pertandingan futsal antarsiswa Kelas X, di halaman sekolah tersebut, Kamis (16/6/2016) pagi.

Saat itu, ia sedang memimpin pertandingan futsal antarsiswa kelas X. Futsal merupakan salah satu perlombaan yang dipertandingkan hingga Sabtu (18/6/2016). Sedangkan Senin (20/6/2016), semua siswa mengikuti lagi lomba panduan suara antarkelas.

"Ini merupakan kegiatan tahunan yang kami laksanakan di sekolah ini. Kalau tahun lalu, acaranya memang sama seperti tahun ini. Hanya bedanya, tahun ini kegiatan esktrakurikuler competition ini sedikit lebih meriah. Karena perlombaan ini memperebutkan seekor ternak kambing," ujarnya.

Untuk meraih Kambing Cup ini, lanjut Pican, demikian Pilipus Kapitan biasa disapa, para siswa harus bertanding terlebih dahulu. Artinya, kendati perlombaan ini merupakan kegiatan internal sekolah, namun para siswa harus berlomba sungguh-sungguh.

Akhir dari perlombaan nanti, ungkap Pican, akan diumumkan saat pembagian raport yang direncanakan 22 Juni 2016 mendatang. Sebagaimana lazimnya tahun-tahun sebelumnya, manajemen sekolah akan mengundang orang tua/wali siswa untuk menerima buku raport yang merupakan hasil dari proses belajar siswa selama setahun.

"Saat pembagian buku laporan pendidikan itulah kami bersama orang tua/wali akan makan bersama di sekolah. Menu dari santap bersama itulah daging kambing yang diperebutkan siswa melalui perlombaan antarkelas ini," ungkap Pican.

Ia memberikan apresiasi atas partisipasi aktif siswa dalam kegiatan seperti ini. Pasalnya, ekstrakurikuler competition ini merupakan salah satu ajang untuk membangkitkan inisiatif siswa, membangkitkan daya kreasi dan kemampuan siswa untuk memberikan yang terbaik bagi diri, bagi kelas, bagi teman-teman dan manajemen sekolah. (kro)

Bentuk Siswa Unggul

KEPALA SMA Frater Don Bosco Lewoleba, Frater Nisensius Metty, CMM, mengatakan, manajemen sekolah tak henti-henti menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk membentuk keunggulan siswa. Bila keunggulan siswa dibentuk sejak awal, maka saat lulus dari sekolah tersebut, anak-anak akan menjadi anak-anak unggul yang nantinya berguna bagi masyarakat,
bangsa dan negara.

Dikatakannya, keunggulan setiap siswa, tentunya tidak muncul secara serempak. Keunggulan itu ada yang lahir secara alamiah, ada pula yang harus dipicu terlebih dahulu.

Namun terlepas dari kedua aspek tersebut, lanjut Frater Nisen, satu hal yang harus dikedepankan, adalah apa pun keunggulan yang terlahir dari setiap siswa, setidaknya harus melalui media, di antaranya ekstra kurikuler competition tersebut.

Makanya, lanjut Frater Nisen, pihaknya sangat antusias ketika pengurus Osis bersama Pembina Osis sekolah itu, menggagas X Com Kambing Cup yang saat ini sedang diselenggarakan. Namanya memang unik, tapi cara ini merupakan salah satu kiat membentuk kepribadian anak.

"Terus terang, saya sangat senang dengan kegiatan seperti ini. Tapi, saya juga mau sampaikan, bahwa kegiatan ekstra kurikuler di sekolah ini cukup beragam. Ada marching band, seni musik, pramuka, olahraga dan lainnya. Para siswa silahkan memilih bidang mana yang akan digeluti," ujarnya. (kro)

Editor: Paul Burin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved