Sekjend Kemenhub Resmikan Pelabuhan Maropokot dan 8 Pelabuhan Di NTT

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Sugiharjo meresmikan delapan pelabuhan laut di Propinsi NTT.

Sekjend Kemenhub Resmikan Pelabuhan Maropokot dan 8 Pelabuhan Di NTT
Net
Ilustrasi: Dermaga pelabuhan Marpokot di Kabupaten Nagekeo merupakan pintu masuk laut ke kawasan Kapet Mbay 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahamd

POS KUPANG.COM, MBAY -- Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Sugiharjo meresmikan delapan pelabuhan laut di Propinsi NTT.

Peresmian sembilan pelabuhan itu dilakukan di Pelabuhan Maropokot, Kabupaten Nagekeo, Selasa (31/5/2016). Sembilan Pelabuhan itu terdiri dari Pelabuhan Maropokot-Kabupaten Nagekeo, Pelabuhan Palue, Pelabuhan Wuring di Kabupaten Sika, Pelabuhan Lamakera, Pelabuhan Waiwerng, Pelabuhan Terong di Kabupaten Flores Timur, Pelabuhan Komodo di Manggarak Barat, Pelabuhan Naikliu di Kabupaten Kupang dan Pelabuhan Kolbano di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Peresmian yang ditandai dengan penekanan tombol sirene peresmian oleh Sekretaris Jendral Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Republik Indonesia,Sugiharjo,Bupati Nagekeo,Elias Djo,Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Yohanes Nuwa Veto,Wakil Bupati Timor Tengah Selatan (TTS) Obed Naitboho, Kapolres Ngada Wandy Nurwandi Wakil Ketua DPRD Nagekeo Kristianus Dua Wea dan Direktur Pelabuhan Kementrian Perhubungan RI Mauritz yang diikuti dengan penandatanganan prasasti Sembilan pelabuhan tersebut.
Acara peresmian Sembilan pelabuhan tersebut juga dihadiri sembilan kepala unit penyelenggara pelabuhan (UPP).

Sugiharjo dalam sambutannya, mengatakan, kebijakan pembangunan nasional ke depan diarahkan ke wilayah Indonesia Timur. Sedangkan untuk Wilayah Barat Indonesia dan Pulau Jawa adalah masa lalu dan masa kini.
Sugiharjo mengatakan, Wilayah Indonesia Timur memiliki potensi yang luar biasa.

Karena itu, katanya, apa yang dicanangkan Presiden Jokowi dengan Program Nawa Cita yakni membangun Indonesia dari pinggiran dan daerah-daerah terluar diterjemahkan oleh Kementrian Perhubungan melalui program perbaikan infrastruktur pelabuhan serta meningkatkan layanan angkutan perintis dan angkutan barang.

"Tol laut harus dijalankan juga di NTT sehingga ada kepastian distribusi barang dan bisa menekan harga barang di daerah karena melalui tol laut ada kepastian jadwal pelayaran dengan rute tetap," demikian Sugiharjo.*

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Alfred Dama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help