Warga Kota Padang Rindu Indonesia Juara Piala Thomas

Suardi menginginkan pelatih mengukur kemampuan pemain yang akan diturunkan.

Warga Kota Padang Rindu Indonesia Juara Piala Thomas
Pos Kupang/ant
Salah satu andalan Indonesia pada Piala Thomas, ganda putra Ricky Karanda (kanan) dan Angga Pratama. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

POS KUPANG.COM, PADANG - Para pecinta bulu tangkis di kota Padang mengharapkan Indonesia mengalahkan Denmark pada final di Kunshan, Tiongkok 22 Mei 2016 sehingga Indonesia menjadi juara Piala Thomas.

"Tinggal selangkah lagi Tim Indonesia kembali merebut kejayaan di beregu putra dunia tersebut setelah terakhir diraih 2002 lalu," kata Taufik Hidayat (24), pecinta bulu tangkis di sana, Sabtu.

Taufik menilai Indonesia berpeluang besar menjadi juara setelah juara bertahan Jepang dan tiga raksasa Asia lainnya --Tiongkok, Korea Selatan dan Malaysia-- telah tumbang.

Namun dia ingin Indonesia mewaspadai tunggal putra Denmark pada Viktor Axelsen dan Jan O Jorgensen yang disebutnya sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Indonesia. Taufik ingin pelatih Indonesia jeli memasang strategi menghadapi dua pemain yang masuk sepuluh besar dunia itu.

"Diharapkan salah satu tunggal (Indonesia) menang dan ganda (Indonesia) menang semua. Skor 3-2 cukuplah," ujar Taufik.

Suardi juga melihat Indonesia berpeluang besar menjadi juara setelah Tiongkok dan Malaysia tersingkir dari ajang ini. Dia menilai Indonesia akan diuntungkan oleh tidak adanya provokasi dari penonton tuan rumah karena pertandingan dinilainya akan berjalan netral.

Suardi menginginkan pelatih mengukur kemampuan pemain yang akan diturunkan.

"Nama Anthony Ginting perlu dimasukkan ke dalam skuad, dibanding Jonatan Christie, Anthony lebih tenang dan minim membuat kesalahan," kata Suardi.

Sedangkan pecinta bulu tangkis lainnya bernama Indra menilai postur tinggi pare pemain Denmark adalah hal yang harus dicermati para pemain Indonesia.

Bagi Suardi, kemampuan dan keterampilan pemain Indonesia lebih baik ketimbang Denmark, namun smash yang keras ditunjang postur tinggi pemain Denmark akan menjadi momok bagi Indonesia.

"Terlepas apa pun itu, harga mati Piala Thomas kembali ke pangkuan ibu pertiwi," kata Suardi.

Kepala Pembinaan dan Prestasi PBSI Rexy Mainaky sendiri menargetkan membawa pulang Piala Thomas ke Indonesia. "Terlepas siapa pun lawannya, hingga juara," kata Rexy. (ant)

Editor: Marsel Ali
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved