Berita Flores Lembata Alor

John Lobo Bantu Gratis Ratusan Ton Buku Bagi Pelajar NTT

John Lobo, Guru SMAN 3 Kediri Jawa Timur, putra NTT asal Bajawa, Ngada

John Lobo Bantu Gratis Ratusan Ton Buku Bagi Pelajar NTT
POS KUPANG/FELIKS JANGGU
Lima Ton Buku diturunkan di SMPN Lewolema Flotim akhir April 2016. Buku tersebut kemudian oleh guru relawan diteruskan ke sekolah terpencil di ujung timur Flores.

Laporan Wartawan Pos Kupang, Feliks Janggu

POS KUPANG.COM, LARANTUKA -- John Lobo, Guru SMAN 3 Kediri Jawa Timur, putra NTT asal Bajawa, Ngada melalui gerakan "katakan dengan buku" telah membagikan gratis buku ke seluruh wilayah kabupaten di daratan Flores. Gerakan yang baru dimulai Februari 2016 bahkan sudah merambah Timor, Rote dan Sumba.

John Lobo kepada Pos Kupang, Jumat (13/5/2016) mengungkapkan ratusan ton buku telah dibagi gratis ke anak-anak NTT melalui relawan yang menawarkan diri bergabung dengan gerakan "katakan dengan buku".

"Buku ratusan ton telah kita distribusikan gratis. Di Labuan Bajo, Ruteng, Mataloki, Mbay, Ende, Maumere dan Larantuka. Ada juga di daratan Timor, Rote dan Sumba," kata John Lobo.

Dijelaskan John Lobo, gerakan "Katakan Dengan Buku" lahir dari keprihatinannya terhadap minimnya bahan bacaan berkualitas di sekolah-sekolah di NTT. Tetapi di sisi lain, anak-anak NTT dibanjiri informasi melalui berbagai media sosial.

"Kita ingin memberikan bacaan berkualitas untuk anak NTT. Bacaan untuk membantu perkembangan baik kognitif, sikap maupun religiositas anak," kata John Lobo.

Gerakan "katakan dengan buku", kata John Lobo telah menginspirasi banyak guru-guru terpencil di daratan Flores dan menyatakan kesediaan menjadi relawan membagi buku kepada anak-anak.

"Gerakan ini diharapkan menginspirasi banyak orang dan menjadikan kebiasaan memberikan hadiah buku sebagai kebiasaan orang tua di rumah, kebiasaan memberi kado di masyarakat," kata John Lobo. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved