PosKupang/

VIDEO

VIDEO: Djemi Lassa Temukan Passion dan Raih Keberhasilan

Gampang-gampang susah untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses. Jatuh bangun dalam bisnis dialami oleh semua pengusaha.

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Gampang-gampang susah untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses. Jatuh bangun dalam bisnis dialami oleh semua pengusaha. Namun hal itulah yang bisa membentuk seseorang untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Sebagaimana dialami Djemi Lassa, salah satu pengusaha muda yang terbilang suskes menjalankan bisnis komputer dan properti di Kota Kupang.

Pengusaha asal SoE-Kabupaten Timor Tengah Selatan ini,akan berbagi pengalaman dan tipsnya kepada pembaca dalam wawancara dengan wartawan Pos Kupang, OMDSMY Novemy Leo, belum lama ini di Kupang.

Djemi, tentunya tak mudah Anda meraih posisi saat ini. Bisakah diceritakan awal mulanya anda masuk ke dunia bisnis?
SAYA memulai bisnis sejak tahun 2002, saat kuliah di Fakultas Teknik Sipil di Universitas Kristen Petra Surabaya. Beberapa bulan saat menunggu wisuda, saya melihat ada peluang bisnis jual beli komputer melalui iklan-iklan di surat kabar di Surabaya.

Pada iklan itu, banyak sekali dijual komputer secon dengan harga murah padahal untuk harga komputer di Kota Kupang saat itu jauh lebih mahal. Apalagi pusat penjualan komputer di Kupang saat itu masih sangat sedikit. Karenanya saya berpikir, daripada menganggur berbulan-bulan menunggu wisuda, lebih baik saya jual beli komputer secon di Kupang.

Bagaimana awal mula mulai menjalankan bisnis jual beli komputer itu?
Benar-benar saya memulai bisnis itu dari nol. Kenapa saya bilang dari nol. Begini, selama kuliah saya tidak pernah punya komputer apalagi laptop. Jadi saya sama sekali tidak tahu apa-apa soal komputer. Saya juga tidak punya pengetahuan tentang bisnis, saya tidak tahu marketing, saya tidak tahu bagaiaman caranya barang-barang itu dikirim, pakai apa.

Bahkan modalpun saya tidak ada dan saya berasal dari keluarga yang sederhana. Tapi saya punya kemauan untuk mau melakukan dan bisa mendapatkan sesuatu dari bisnis jual beli komputer itu. Karenanya saya modal nekat saja. Ada sedikit uang saya lalu saya pakai buat beli dua unit komputer secon, monitor dan juga CPU-nya. Lalu saya mulai bisnis jual beli komputer itu.

Bagaimana caranya anda melakukan jual beli komputer itu?
Caranya, saya bolak balik sendiri membawa komputer dari Surabaya ke Kupang dengan kapal Dobonsolo. Sekali jalan, saya membawa dua unit komputer dengan CPU-nya. Sampai di Pelabuhan Tenau, saya tidak berani meminta porter membantu karena khawatir mereka bawa lari komputer saya.

Jadi saya yang fi'i (menenteng) komputer itu di tangan kanan dan kiri saya dan saya menumpang bemo (angkota). Saya ingat, pernah suatu waktu saya tiba di Kupang jam tiga subuh dan hujan. Mau tidak mau saya harus turun dari kapal, lalu menentang komputer itu sambil berlari agar tidak basah.

Pengalaman indah itu tidak bisa saya lupakan. Dan selama menunggu wisuda, bolak balik Kupang dan berhasil menjual sekitar 20-an unit komputer kepada teman-teman di Kupang. Keuntungannya lumayan besar bisa 50 bahkan sampai 100 persen.

Halaman
1234
Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help