Berita Flores Lembata Alor

Polisi Gencar Operasi Pekat

Jajaran Polsek Golewa, Kabupaten Ngada gencar melakukan operasi penyakit masyarakat (pekat)

Polisi Gencar Operasi Pekat
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Kapolsek Golewa, Oktofianus P. Abor 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, BAJAWA --Jajaran Polsek Golewa, Kabupaten Ngada gencar melakukan operasi penyakit masyarakat (pekat) seperti minuman keras, perjudian dan seks bebas.

Selain operasi secara sistem, polisi juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga keaman dan ketertiban di wilayah tempat tinggal demi menekan kasus kriminalitas.

Kapolsek Golewa Iptu Oktofianus P. Abor mengatakan hal itu kepada Pos Kupang saat ditemui di Kantor Polsek, Kamis (21/4/2016).

Menurut Yoppy Abor, untuk menekan angka kriminalitas polisi harus gencar operasi sambil menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas). Masalah kriminalitas sering dipicu oleh minuman keras sehingga tidak mampu mengendalikan diri.

"Saya selalu himbaukan kepada masyarakat. Jangan miras yang mengendalikan diri kita, tetapi kita yang harus mengendalikan miras. Dampak dari konsumsi miras itu bisa merubah perilaku dari yang baik ke arah yang jahat," kata Yoppi Abor.

Mantan KBO Reskrim ini mengatakan, selama tahun 2015-2016 kasus kriminalitas di wilayah hukum Polsek Golewa terus menurun. Polisi selalu bekerjasama dengan pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan pemuda.

Tujuannya agar semua permasalahan yang terjadi di masyarakat dapat diselesaikan secara baik yang melibatkan semua unsur di masyarakat. Di tahun 2015 dan 2016 terdapat 238 pengaduan dari masyarakat.

Dari jumlah itu hanya lima kasus yang dilanjutkan sampai ke tingkat pengadilan sedangkan yang lain diselesaikan secara persuasif baik di tingkat desa, maupun di polsek dengan melibatkan sejumlah unsur.

Yoppi Abo juga memberikan apresiasi kepada beberapa kepala desa yang proaktif menyelesaikan masalah yang dialami masyarakatnya. Bila permasalahan sudah diadukan ke tingkat polsek, kepala desa langsung mendatangi polsek untuk membicarakan penyelesaian masalah secara damai.

Penyelesaian masalah di wilayah hukum Polsek Golewa selalu melibatkan sejumlah unsur yang memiliki kapasitas di tengah masyarakat. Pola penyelesaian masalah seperti membuat para pihak yang bermasalah tidak menyimpan rasa dendam. Ketika rasa dendam tidak ada maka keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat bisa terwujud. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help